Ratusan Pendekar Sapu Jagat Disiagakan Selama Lebaran 2023

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika saat bersama ratusan pendekar sapu jagat. (Foto: Dok Humas Pemkab Purwakarta)

Untuk itu, kata dia, pihaknya akan menyiagakan petugasnya untuk mengantisipasi supaya tak ada penumpukan sampah. Terutama di sejumlah titik jalur protokol dan pusat perbelanjaan.

“Para petugas kebersihan kami sudah siap untuk disebar di beberapa tempat keramaian, terutama di jalur protokol yang menjadi titik konsentrasi berkumpulnya warga. Seperti lokasi festival dulag, masjid agung, pusat perbelanjaan dan lain-lain,” Sebutnya.

Baca Juga:  Nyaris Diamuk Warga, Polisi di Purwakarta Amankan Diduga Pelaku Pencabulan

Dikatakan Ambu Anne, produksi sampah yang dihasilkan warga jelang lebaran ini biasanya berbeda dari hari biasanya. Pihaknya juga memprediksi, volume sampah akan meningkat pada saat takbiran dan lebaran nanti. Adapun kenaikannya, sekitar 2-3 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa.

Baca Juga:  Beri Rasa Aman, Polres Purwakarta Siapkan 35 Pos Mudik Lebaran 2023

“Biasanya pada malam takbiran hingga pagi menjelang shalat Ied terjadi peningkatan volume sampah. Ini yang kami antisipasi,” ujar Ambu Anne.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Purwakarta Senin 3 Oktober 2022

Dengan kondisi tersebut, mau tidak mau petugas kebersihan tak akan diliburkan saat takbiran. Selain petugas penyapu, kata dia, pihaknya juga akan menyiagakan petugas penyisir yang mengangkut sampah tersebut. Supaya, tak terjadi penumpukan di tempat pembuangan sementara.