Realisasi Penggunaan DBHCHT, Disnakertrans Purwakarta Lakukan Pelatihan Keterampilan Usia Produktif

Disnakertrans Purwakarta
Disnakertrans akselerasi pelatihan keterampilan usia produktif. (Foto: Dok. Disnakertrans Purwakarta).

“Pelatihan pengelolaan sampah kami dorong lebih kepada pembentukan sistem ekonomi sirkular. Di mana para peserta kami latih bisa menjaga agar sumber daya ekonomi mereka dapat dipakai selama mungkin. Dari sistem ini, lahir bank sampah sebagai mesin penggerak ekonomi,” ujar Didi.

Kedua, pelatihan produktivitas menjahit sudah dilaksanakan di Lapas Klas IIB Purwakarta pada 19 Juni sampai 23 Juni 2023, diikuti sebanyak 16 peserta dari warga binaan.

Baca Juga:  Disnakertrans Purwakarta Klaim Angka Pengangguran Turun Sepanjang Tahun 2022

“Setelah dilakukan kroscek, terdapat 400 warga binaan di Lapas Klas IIB Purwakarta merupakan masyarakat lokal. Dengan adanya pelatihan yang kami fasilitasi, diharapkan setelah mereka keluar dari lapas, memiliki kualitas, kompetensi dan skill berwirausaha,” ucap Didi.

Baca Juga:  Pria Ini Tega Bunuh Remaja Perempuan Gara-gara Terlilit Utang, Polisi Beberkan Hal Ini

Ketiga pelatihan dan sertifikasi operator forklift sudah dilaksanakan di Aula BLK Disnakertrans Purwakarta pada 25-27 Oktober 2023 diikuti sebanyak 25 peserta dari masyarakat umum. Sebagian peserta hasil pelatihan ini sudah diserap oleh perusahaan.

Baca Juga:  Kepatuhan Prokes Saat Pilkada di Atas 89 Persen, Satgas Sampaikan Ini

“Untuk pelatihan pengoperasian forklift kita upayakan pesertanya langsung memiliki surat izin operasi (SIO) forklift atau SIM resminya. Sehingga mereka bisa langsung bertugas sebagai operator forklift profesional di perusahaan tempat bekerja,” ujar Didi.