Realisasi Penggunaan DBHCHT, Disnakertrans Purwakarta Lakukan Pelatihan Keterampilan Usia Produktif

Disnakertrans Purwakarta
Disnakertrans akselerasi pelatihan keterampilan usia produktif. (Foto: Dok. Disnakertrans Purwakarta).

Kepala Disnakertrans Purwakarta, Didi Garnadi mengungkapkan, keberadaan dana ini sangat membantu lembaganya untuk mengakselerasi program-program berbasis kemandirian dan pengentasan pengangguran hingga ke tataran grassroots.

“Keberadaan DBHCHT sangat membantu kami. Tentu, banyak masyarakat dan stakeholder yang mengapresiasi. Penggunaan dana tahun ini di Disnakertrans Purwakarta efektif mengakselerasi program-program pembinaan lingkungan sosial untuk mendukung bidang kesejahteraan masyarakat dalam upaya pemulihan ekonomi,” Ujar Didi, Kamis 23 November 2023.

Baca Juga:  Akui Thailand Bukan Lawan yang Mudah, Iwan Bule Minta Pemain Timnas Indonesia Percaya Diri

Ia menyebut, pihaknya memiliki dua kategori project garapan yakni menyiapkan kelompok generasi siap kerja, dan kelompok generasi siap mandiri berwirausaha. Dari dua project garapan ini nantinya akan melahirkan dua kelompok yang mahir untuk mengerjakan sesuatu dan membuat sesuatu.

Baca Juga:  Pasca Longsor Akibat Gempa, Basuki Hadimuljono Pastikan Jalur Cianjur-Cipanas Dibuka Kembali Siang Ini

“Tahun ini kami memiliki sembilan item pelatihan berbasis kewirausahaan dan ketenagakerjaan. Yang mana, dari sembilan item pelatihan itu, delapan di antaranya fokus mengasah skill berwirausaha bagi generasi produktif mulai usia 18 tahun ke atas,” ujar Didi.

Baca Juga:  Disnakertrans Purwakarta Klaim Angka Pengangguran Turun Sepanjang Tahun 2022

Semua jenis pelatihan diserap berdasarkan potensi kewilayahan yang ada. Pertama, pelatihan pengelolaan sampah sudah dilaksanakan di Desa Sawit Kecamatan Darangdan pada 19 Juni sampai 23 Juni 2023, diikuti sebanyak 30 peserta dari masyarakat sekitar.