Relawan RINDU Luncurkan AVATAR

JABARNEWS | BANDUNG – Relawan Kreatif Number One (RKWan) meluncurkan sarana komunikasi interaktif AVATAR (Angkutan Virtual Tim Aspirasi Rindu), di Lapangan RW 05, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung

Menurut programer sekaligus koordinator pembuatannya, Buliitt Sisareza, AVATAR merupakan inisiatif relawan pasangan RINDU Karen. Banyak warga, lanjutnya, yang ingin didatangi oleh pasangan RINDU secara langsung.

Di sisi lain, berkat dukungan teknologi, relawan RINDU kemudian memanfaatkan kemampuan yang dimiliki di bidang pemograman komputer dan animasi yang memungkinkan Kang Emil dan Kang Uu tetap dapat hadir melalui Avatar, tanpa harus hadir secara fisik.

Baca Juga:  Gara-Gara Ini, Pencarian Korban Tenggelam di Waduk Jatiluhur Terhenti

“Meskipun tidak mewakili 1005, namun Kang Emil dan Kang Uu tetap dapat hadir di hadapan warga,” jelasnya.

Ditambahkan Buliitt, teknologi yang digunakan sebenarnya sederhana. Menggunakan interaktif animasi 3D Emil yang mampu berinteraksi dengan warga yang memungkinkan Emil berdialog dengan warga.

“Tak hanya berdialog, juga bernyanyi dan mendengarkan curhat warga,” jelasnya.

Warga juga bisa foto bareng dengan Kang Emil dan Kang Uu dan memviralkannya melalui aplikasi di media sosial

Proses pembuatan Avatar ini, dijelaskan Buliitt, memakan waktu satu bulan dan dikerjakan oleh sekitar 11 orang programer dan animator.

“Mobilnya disumbang oleh pasangan RINDU, kami mempersiapkan program animasi dan brandingnya. Proses desain mobilnya malah lebih cepat, cuma seminggu,” ungkap lulusan Teknik Arsitektur Unpar tahun 1997 ini.

Baca Juga:  Prihatin, Keluarga Ini Tinggal Di Gubuk Reyot Ukuran 5x3 Meter Dengan Dihuni 6 orang

Menurut Buliit, karena sifatnya kerelawanan, tidak ada biaya yang dikeluarkan oleh pasangan RINDU untuk pembuatan Avatar ini.

Ridwan Kamil sendiri menyebut Avatar sebagai salah satu bentuk kreativitas anak muda Bandung yang patut diapresiasi.

“Ini bukti, anak-anak muda Bandung memang kaya dengan gagasan dan inovasi, dan sudah sejak dulu Kota Bandung dikenal sebagai kota kreatif” ujarnya.

Avatar, ditambahkan Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, menjadi solusi bagi kegiatan kampanyenya di Jawa Barat

Baca Juga:  Kapolda Sidak Ke Pasar Sukajadi Dan Kosambi

“Saya selalu berusaha hadir di berbagai tempat untuk berkampanye, namun Jawa Barat ini luas sekali. Kehadiran Avatar menjadi salah satu solusi yang memungkinkan warga tetap bisa berkomunikasi dan berintaksi dengan saya, meskipun saya fisiknya tidak hadir secara langsung,” jelas Kang Emil.

Kehadiran Avatar sejalan dengan visi dan misi pasangan RINDU yang akan menghadirkan creatife center di setiap Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

“Gagasan dan ide-ide kreatif seperti ini tidak hanya hadir di Bandung, juga di seluruh kota-kabupaten lain di Jawa Barat,” pungkasnya. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat