Ribuan Jemaah Aboge Rayakan Hari Raya Idul Adha Hari Ini

Jemaah Aboge merayakan Hari Raya Idul Adha. (foto: istimewa)

JABARNEWS | PROBOLINGGO – Jemaah Alif Rabo Wage atau Aboge di Kabupaten Probolinggo merayakan Hari Raya Idul Adha hari ini, Senin (11/7/2022). Sementara itu pelaksanaan sholat Ied diikuti ribuan jemaah Aboge yang tersebar di 7 desa di 4 kecamatan di Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga:  Masalah yang Dihadapi Tak Halangi Dedi Mulyadi Terus Bekerja untuk Rakyat Kecil

Pelaksanaan sholat Ied salah satunya digelar di Musala Al-Barokah di Dusun Krajan, Desa Leces, Kecamatan Leces, dan dipimpin oleh Kiai Buri Bariyah.

Ribuan jamaah terus berdatangan dengan membawa Rasol atau tumpengan. Usai diberikan ke tokoh agama Aboge, tumpengan itu dimakan bersama-sama setelah selesai Salat Idul Adha.

Baca Juga:  Jadwal Tayang Film Doctor Strange In The Multiverse Of Madness di Bioskop Kota Bandung

Sebelum salat Ied digelar, ribuan jemaah Aboge melantunkan takbir. Salat Idul Adha dimulai tepat pukul 06.30 WIB. Jemaah pria menempati area dalam musala. Sedangkan jemaah perempuan berada di halaman depan musala.

Baca Juga:  Tol Cipali Terapkan 100% e-Money

Hampir setiap tahun hitungan jemaah Aboge dalam penetapan hari besar keagamaan berbeda dengan ketetapan pemerintah. Kadang selisih sehari, kadang bisa sampai 2 hari Tahun ini, Hari Raya Idul Adha Aboge selisih sehari dengan pemerintah.