Ribuan Pelajar SDN 261 Maragahayu Mengikuti Outing Class Day

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai bentuk support terhadap program Dinas Pendidikan, SDN 261 Margahayu Raya Kota Bandung menggelar acara outing class day. Dengan misi ingin mengenalkan anak tentang dunia belajar di alam terbuka, ribuan siswa-siswi berkumpul dan belajar di area lapangan sekolah SDN 261 Margahayu Raya Kota Bandung.

Program Outing Class Day merupakan metode pengajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan yang pastinya sangat dibutuhkan dalam era saat ini. Dimana, menjadi salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa, guru dan lingkungan sekitar adalah metode outing class.

Dengan konsep sekolah ramah anak dan Bandung santun, outing class day dibuka dengan 3S yakni Senyum Sapa dan Salam. Pada sesi pertama diikuti oleh anak kelas 1, 4, dan 6 berkumpul di area lapangan sekolah mengikuti rundown acara yang telah ditentukan. Mulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan makan bersama. Dan sesi kedua diikuti oleh kelas 2, 3 dan 5.

Baca Juga:  Rusak Gegara Proyek KCIC, Ambu Anne Sebut Perbaikan Jalan Darangdan Rampung

“Banyak kegiatan yang kami lakukan pada acara Outing Class Day ini. Seperti menerapkan kegiatan membaca lewat membaca senyap,” papar Ketua Pelaksana Outing Class Day Rina Setiawati.

Lebih jauh ia menjelaskan kegiatan tersebut menjadi moment untuk mengubah image orang tua jika belajar itu tidak melulu dilakukan didalam kelas saja. Bahkan, Outing Class Day mencakup banyak kegiatan yang tidak bisa dilakukan didalam ruangan.

“Ketika akan melakukan Outing Class Day, banyak orang tua yang menyimpulkan jika saat itu anak-anak tidak belajar dan tidak sedikit yang memilih tidak sekolah. Padahal justru sebaliknya, hari itu menjadi moment belajar yang berbeda,” katanya.

Baca Juga:  Kekeringan, Petani Ikan Di Subang Rugi Ratusan Juta Rupiah

Tidak hanya itu, anak-anak juga diberikan banyak penegasan untuk berbagai hal yang menjadi perbincangan diluar. Salah satunya tentang kesantunan. Pasalnya, sudah menjadi rahasia umum anak se-tingkat Sekolah Dasar berbicara kasar dan tidak semestinya. Hal itu diakui guru wali anak kelas 1 F SDN 261 Prastiwi.

“Sejauh ini alhamdulillah tingkah laku anak-anak masih bisa ditoleransi. Dan dengan adanya moment ini, anak-anak juga diberikan pengarahan terkait itu. Dengan harapan program pemerintah Bandung Santun bisa direalisasikan” kata Prastiwi.

Baca Juga:  TPA Sarimukti Kembali Berfungsi, TPA Darurat Cicabe Bakal Dinonaktifkan

Yang jelas, diungkapkannya acara Outing Class Day hari ini benar-benar dibuat fun.

“Anak-anak diberikan keleluasaan untuk berinteraksi dengan siswa lainnya. Ditambah juga mereka membawa mainan tradisional agar terjauh dari dampak bermain gadget dalam waktu lama,” tuturnya.

Sebelumnya siswa-siswi juga diberikan kepercayaan untuk melakukan perawatan di halaman sekolah, mengamati benda-benda yang ada di sekitar sekolah, bercerita di taman sekolah.

“Disamping itu kami juga mengajak peserta jalan-jalan disekitar sekolah, kemudian mereka juga dianjurkan makan bersama. Harapan program ini akan terus berlanjut dengan konsep berbeda dan bisa memberikan semangat siswa-siswi dalam belajar dan membaca,” terangnya. (Tri)

Jabarnews | Berita Jawa Barat