Ridwan Kamil Ajak Pemimpin Kota Anggota U20 Perkuat Komunikasi untuk Hadapi Isu Global

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi pembicara pada pembukaan U20 Mayor Summit 2022 di Fairmont Hotel, Jakarta, Selasa (30/8/2022). (Foto: Istimewa).

“Melalui kerja sama antardaerah ini kita harus saling memahami, sering melakukan pertemuan, dan berkomunikasi apapun agendanya untuk membahas masa depan. Perencanaan yang bagus dapat menjadikan masa depan yang lebih baik,” ucapnya.

Ridwan Kamil menyebutkan, peluang kerja sama antardaerah yang dapat dibahas yaitu masalah transisi energi, transportasi ramah lingkungan, dan pekerjaan baru.

Baca Juga:  Jasa Marga Tutup Sementara Sebagian Ruas Tol Japek Arah Cikampek, Kenapa?

Dia menyambut baik amanat dari Sekretaris Jendral United Cities Local Government (UCLG) Emilia Saiz yang menekankan kesehatan mental dari masyarakat sebuah kota.

Baca Juga:  Pemdaprov Jabar akan Bangun Museum untuk Lestarikan Kampung Adat Kranggan, Ridwan Kamil: Saya Sendiri Arsiteknya

Di sisi lain, Ridwan Kamil tak lupa mengingatkan para wali kota dengan keragaman geografi dan karakter penduduk di Indonesia. Khususnya di Jabar yang mayoritas tinggal di desa perlu diperhitungkan dan dilibatkan dalam pembangunan.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Ingatkan Desain IKN Seperti Membuat Baju, Tidak Sempit dan Longgar

Menurutnya, kota yang inklusif adalah kebutuhan masyarakat yang disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan dunia saat ini. Bagi Jabar, inklusivitas penting mengingat 92 persen warga tinggal di desa.