Ridwan Kamil Klaim Jabar Terdepan dalam Toleransi Keberagaman, Benarkah?

Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersiilaturahmi bersama tokoh dan warga Tionghoa di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (23/1/2023). (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim bahwa indeks toleransi warga Jabar dalam keberagaman sangat tinggi.

Klaim Ridwan Kamil tersebut berdasarkan riset ilmiah terhadap toleransi keberagaman menyatakan bahwa lebih dari 90 persen warga Jabar menerima dan toleran terhadap warga lain yang berbeda keyakinan.

Baca Juga:  Sampaikan Salam Perpisahan saat HUT Kota Depok, Ridwan Kamil Minta Pembangunan Lebih Manusiawi

“Tidak betul Jabar indeks toleransinya disebut kurang. Saya orangnya ilmiah, kalau tidak yakin saya riset sendiri dan hasilnya rata-rata di atas 90 persen menyatakan, orang Jabar tidak ada masalah dan mengizinkan warga yang berbeda keyakinan berada di wilayahnya bahkan hidup rukun,” kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (23/1/2023).

Baca Juga:  Gus Menteri Sebut Pengaruh UU Cipta Kerja Terhadap BUMDes, Begini Katanya

Toleransi yang kuat ini salah satunya diperlihatkan saat warga Tionghoa berkunjung ke rumah dinas Gubernur Jabar untuk bersilaturahmi pada Senin malam tersebut. Kunjungan itupun disambut hangat oleh Ridwan Kamil dan jajaran pejabat Pemda Provinsi Jabar.

Baca Juga:  Emil Minta ALTI Bisa Eksplor Keindahan Alam Jawa Barat

Sejumlah tokoh dan warga Tionghoa yang hadir di antaranya Ketua Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Jabar, Matakin Kota Bandung, Pemuda Konghucu Indonesia Kota Bandung, dan perwakilan dari sejumlah klenteng. Hadir pula Ketua MUI dan Forum Kerukunan Umat Bergama (FKUB) Jabar.