Ridwan Kamil Minta Warga Jangan Panik Soal Hepatitis Akut, Sejumlah Antisipasi Telah Disiapkan

Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengklaim hingga kini belum ditemukan kasus hepatitis akut di Jabar. Ia juga meminta masyarakat tidak panik. pasalnya sejumlah langkah antisipasi sudah disiapkan.

Emil sapaan akrabnya mengatakan, pihaknya telah ruangan khusus di Rumah Sakit Umum Pusat Hasan Sadikin Bandung. Hal ini guna mengantisipasi fenomena hepatitis akut.

Baca Juga:  Gaji Fantastis TAP Bentukan Ridwan Kamil dan Sikap Lembek DPRD Jawa Barat

“Saya laporkan di Jawa Barat belum ada (hepatitis akut), dan mudah-mudahan tidak ada. Masyarakat diimbau yang pertama jangan panik. Seperti biasa kita sudah mengalami jatuh bangun dari pandemi Covid-19. Jaga kebersihan dari mulai diri sendiri, keluarga, dan masyarakat. Tenang saja, negara sudah siap untuk mengatasi jika ada (kasus),” ujarnya, Senin (9/5/2022).

Baca Juga:  Soal Insiden Pencabutan Bendera, Pospera Ancam Demo Bawaslu Purwakarta

Tak hanya itu, pihaknya membentuk tim ahli dari kesehatan untuk mempersiapkan skenario terjitu apabila hepatitis akut sudah terbukti yang orisinal. Penyakit ini menyasar bayi hingga remaja umur 16 tahun.

Baca Juga:  Mahfud MD Tegaskan Tidak Ada Islamofobia di Indonesia

“Di Jawa Barat tim ahli sudah dibentuk bersama RSHS. Laboratorium disiapkan untuk mengecek apakah ini kategori hepatitis akut dan lain sebagainya. Saya cek sudah siap, bahkan teknologi molekuler terbaru sudah dimiliki,” katanya.