Ridwan Kamil Sebut Pengelolaan Sampah di Sungai Citarum Capai 2.800 Ton per Hari

Sungai CItarum. (Foto: Istimewa).

“Dengan adanya bantuan dari World Bank sebesar 100 juta Dolar AS diharapkan seperti di Kabupaten Bandung pengelolaan air limbah domestik untuk tahun depan, insyaallah bisa tercapai sesuai dengan target,” tuturnya.

Ridwan Kamil memaparkan pula terkait penanganan sampah yang tergetnya 3.000 ton bisa terkelola dengan baik.

Baca Juga:  Curug Cimata Indung, Surga Terpendam di Ujung Barat Kabupaten Purwakarta

“Dari target  3.000 ton sampai saat ini sampah yang ditangani sudah mencapai 2.800 ton per hari, tinggal sedikit lagi target tercapai, juga tentunya dengan zero waste program yang terus kita tingkatkan,” tambahnya.

Baca Juga:  Kabar Gembira, Tiket Pertunjukan Air Mancur Sri Baduga Purwakarta Ditambah, Buruan Datang ke Lokasi Ini

Ridwan Kamil juga menyampaikan terkait limbah peternakan yang penanganannya sudah sesuai dengan target. “Di Perpres dari target 26.800, kita sudah menangani 26.900 ekor sapi yang limbahnya bisa dijangkau oleh sistem untuk dikelola lebih sustainable,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan terkait pengelolaan mahadata dari segi pengendalian pemanfaatan ruang telah dilakukan melalui Command Center, yang mendapat penghargaan Medali Emas Bhumandala Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial Tahun 2021, yakni terkait pemanfaatan Portal Satu Peta dalam implementasi Command Center Satgas PPK DAS Citarum.

Baca Juga:  KPK Kembali Panggil Sembilan Saksi Terkait Kasus Dugaan Suap Ade Yasin