Ridwan Kamil Siapkan Subsidi BLT Pekerja yang Kena PHK Akibat Resesi

Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa Pemda Provinsi Jabar akan memberikan subsidi Bantuan Langsung Tunai kepada pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan yang terdampak langsung resesi tahun 2023.

“Kepada yang terdampak langsung, kena PHK oleh perusahaan yang perdagangannya global karena pesanan turun, pabrik kurangi produksi. Nah, nanti ada Bantuan Langsung Tunai (BLT),” kata Ridwan Kamil kepada awak media selepas mengikuti seminar Outlook Ekonomi 2023 di kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga:  Dinkes Purwakarta Siagakan Ratusan Nakes saat Pemilu 2024

Ridwan Kamil mengungkapkan, pekerja yang berpotensi terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) mayoritas yang bekerja di sektor padat karya, seperti perusahaan tekstil yang perdagangannya global.

Baca Juga:  Merugi Hingga Ratusan Juta, Puluhan KJA Jangari Diterjang Arus Sungai

Pasalnya, saat resesi melanda global, pesanan barang akan menurun, sehingga pabrik mengurangi jumlah produksi yang dampaknya pada pengurangan karyawan. “Yang terdampak biasanya yang berhubungan dengan padat karya, tekstil dan lainnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Soal Pemda Naikkan UMP, Ini Respons Menaker

Menurut Ridwan Kamil, BLT direncanakan disalurkan saat ada pengumuman resmi kondisi kedaruratan.