Sah, APBD Kabupaten Subang 2019 Rp. 3 Triliun

JABARNEWS | SUBANG – Pemkab dan DPRD Subang mengesahkan APBD tahun anggaran 2019 dalam rapat paripurna di gedung DPRD Subang, Jumat (30/11/2018).

Plt Bupati Subang Ating Rusnatim mengatakan APBD Subang 2019 sebesar Rp. 3 triliun akan diprioritaskan di sektor Infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan pelayanan.

“Tahun 2019 mendatang masih tetap difokuskan pada infrastruktur jalan, dengan alokasi sebesar Rp. 350 miliar, khususnya untuk perbaikan jalan rusak yang mencapai 40 persen. Dan ini akan menjadi tanggung jawab Bupati Subang terpilih, H. Ruhimat,” kata Ating usai menghadiri paripurna, Jumat (30/11/2018).

Baca Juga:  Nakes dan Dokter Kelelahan, Begini Siasat Ridwan Kamil Tangani Covid-19

Ating menjelaskan, alokasi dana sebesar Rp. 3 triliun tersebut bersumber dari pendapatan asli daerah (PAD), dana bagi hasil, dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU) Pemerintah Pusat dan pendapatan lainnya yang sah.

Baca Juga:  Meski Pandemi, Kinerja BPJS Ketenagakerjaan Catat Hasil Positif

“Sehingga di tahun 2019, terlihat ada kenaikan yang signifikan dari APBD murni maupun perubahan tahun 2018,” ucapnya.

Kata Ating, dalam proses pembahasan antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Subang, terdapat dinamika khususnya menyangkut komponen pendapatan yang bertambah, termasuk juga belanja langsung dan tidak langsung.

“TAPD dalam analisa sangat akurat, saya melihat APBD 2019 kenaikannya cukup signifikan, terlebih untuk pembangunan jalan di Kabupaten Subang. Pendapatan kita ini bertambah dari DAK dan juga DAU, belum dari sektor bagi hasil pertamina, pajak roko, parawisata, dan juga PAD,” tutup Ating.

Baca Juga:  Begini Upaya Dinkes Jabar Tanggulangi KLB Campak di Dua Daerah Ini

Paripurna itu dipimpin Ketua DPRD Subang Ir. Beni Rudiono dan tiga pimpinan DPRD lainnya, yaitu Asep Hadiat, Ahmad Rizal, dan Bambang Irmayana. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat