Sebanyak 150 Karung Sampah Ditunkan dari Atas Gunung Gede Pangrango Cianjur

Gunung Gede Pangrango
Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Cianjur. (Foto: Okezone).

JABARNEWS | CIANJUR – Sebanyak 150 karung sampah dari atas gunung dan jalur pendakian Gunung Gede Pangrango yang disisakan pendaki yang tidak bertanggung jawab berhasil diturunkan.

Penurunan sambah tersebut dilakukan oleh Sukarelawan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Cianjur.

Baca Juga:  Teh Hayatea Kembalikan Cita Rasa Teh Asli Purwakarta

Humas TNGGP Cianjur Agus Deni mengatakan, operasi bersih kembali akan dilakukan bersama setelah penutupan jalur tanggal 14 sampai 24 Agustus 2022 melibatkan berbagai kalangan, termasuk petugas dan sukarelawan yang selama ini bertugas di pintu masuk pendakian.

Baca Juga:  Malam Hari, Para Pemudik Serbu Stasiun Kiaracondong Bandung

“Sukarelawan dan petugas berhasil menurunkan 500 kilogram sampah berbagai jenis saat melakukan operasi kebersihan (opsih) yang diadakan sebelum dilakukan penutupan jalur pendakian. Sebagian besar sampah yang dikumpulkan jenis plastik bekas bungkus mie instan,” kata Agus di Cianjur, Sabtu (6/8/2022).

Baca Juga:  Explore West Java 2022 Hadir di Cikadu Cianjur, Buruan Tonton Keseruannya

TNGPP pun mengimbau agar pendaki tidak meninggalkan sampah apapun jenisnya, termasuk celana dalam yang masih banyak ditemukan karena aturan mewajibkan mereka untuk menjaga kebersihan dan keindahan taman nasional dengan cara tidak meninggalkan sampah sekecil apapun.