Sempat Digunakan saat Lebaran, Ridwan Kamil Belum Bisa Pastikan Tol Cisumdawu Kapan Beroperasi

Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Biro Adpim Jabar).

“Jadi seiring dengan jamaah haji bisa kita terbangkan dari Kertajati, juga satu penerbangan Air Asia dari Kuala Lumpur. Jadi kita berharap secepatnya warga Priangan bisa langsung ke bandara,” ucapnya.

Sementara terkait wacana pemerintah yang berkeinginan Tol Cisumdawu dapat menjadi jalur tambahan menuju Surabaya, Jawa Timur.

Baca Juga:  Teror Lampor Keranda Terbang Tiba di Purwakarta

Ridwan Kamil menilai hal tersebut bisa saja terjadi, karena biaya pembangunan dapat ditekan lantaran tidak diperlukan lagi pembebasan lahan. Sebab, pembangunan jalan layang dapat dilakukan di lahan milik pengelola jalan tol.

Baca Juga:  Setiawan Wangsaatmaja Minta Perguruan Tinggi Berperan Antisipasi Triple Disrupsi

“Dulu arahan dari presiden, kalau ini lancar akan ada rute dari Bandung lanjut ke Surabaya, melipir ke Cisumdawu supaya tidak ada pembebasan tanah. Kertajati lewat Solo bablas ke Surabaya,” jelasnya.

Baca Juga:  Yana Mulyana Pastikan Malam Tahun Baru di Kota Bandung Berlangsung Aman dan Konsudif

“Investasinya harusnya lebih murah, karena memanfaatkan sisi jalan tol sebagai jalan layangnya. Berbeda dengan Jakarta-Bandung yang mahal karena bikin jalur khusus, dengan kondisi geografis dan geologis tanah yang memang banyak kendala,” pungkasnya. (Red)