Setiawan Wangsaatmaja Klaim Angka Stunting di Jabar Turun, Segini Jumlahnya

Setiawan Wangsaatmaja
Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja. (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan bahwa berhasil menurunkan angka tengkes (stunting) hingga empat persen, dari jumlah kurang lebih 24,6 persen menjadi 20,2 persen.

Menurut Setiawan, capaian tersebut karena adanya komitmen yang kuat, inovasi, dan kolaborasi antara provinsi, kabupaten, dan kota.

Baca Juga:  Herman Suyatman Tegaskan Segera Tertibkan Pungli di Area Masjid Al Jabbar

“Untuk itu diharapkan sampai akhir tahun ini kita bisa menurunkan  stunting menjadi 19,2 persen. Tahun 2024 bisa turun lagi targetnya (prevalensi stunting ) jadi 14 persen. Saya rasa ini tantangan yang sangat luar biasa,” kata Setiawan dalam keterangan yang diterima, Selasa (4/7/2024).

Baca Juga:  Jawa Barat Bahaya Stunting, Hanya 3 Daerah yang Kategori Hijau

“Poin saya adalah bahwa yang 14 persen itu di mana saja atau yang 19,2 persen ini ada di mana saja. By name by address harus kita ketahui persis lalu apa intervensinya. Itu yang akan menjadi tantangan kita semua,” tambahnya.

Baca Juga:  Hindari Kepadatan Arus Balik Lebaran 2024, Jalur Alternatif Jawa Barat Bisa Jadi Pilihan Pemudik

Setiawan menjelaskan, ada dua hal yang bisa diintervensi dalam penurunan stunting di Jabar, yaitu intervensi terkait dengan gizi spesifik kurang lebih sebanyak 30 persen dan gizi sensitif 70 persen.