Siaga SAR, Basarnas Bandung Kerahkan Puluhan Personel di Beberapa Lokasi Ini

Ilustrasi petugas SAR disiagakan di beberapa lokasi rawan bencana
Ilustrasi petugas SAR disiagakan di beberapa lokasi rawan bencana. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ SUMEDANG – Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Bandung menyiagakan sejumlah personel untuk membantu pengamanan di kawasan objek wisata. Tindakan ini dilakukan dalam rangka operasi pengamanan libur natal dan tahun baru (Nataru) 2024.

Kepala Basarnas Bandung, Hery Marantika, menyatakan bahwa sebanyak 94 personel disiagakan di beberapa titik di Jawa Barat. Personel ini dilengkapi dengan perlengkapan lengkap untuk operasi penyelamatan.

Baca Juga:  Pilkada Purwakarta, Pospera: Ini Politisi Perempuan yang Berpeluang Lawan Petahana

“Jumlah personel sebanyak 94 orang dan dibantu oleh potensi SAR Jawa Barat yang tersebar di berbagai titik di wilayah Jawa Barat,” ungkap Hery saat upacara Siaga SAR Khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kantor Basarnas Bandung, Kabupaten Sumedang, Senin (18/12).

Baca Juga:  Status Darurat Sampah di Bandung Raya Resmi Dicabut, Bagaimana Kondisinya?

Hery menjelaskan bahwa personel yang ditempatkan untuk siaga pengamanan Natal dan Tahun Baru melibatkan seluruh personel Basarnas, perwakilan dari Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3), dan perwakilan dari Satuan Karya (SAKA) SAR Jawa Barat.

Baca Juga:  Keluarga Akan Makamkan Eril di Cimaung Kabupaten Bandung

Mereka disiagakan di pos-pos yang dianggap rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas, seperti Tol Jakarta-Cikampek KM 57, Tol Cipali KM 102, Tol Cipali KM 166, dan KM 164, Kapal Negara SAR 206 Bandung di Pelabuhan Cirebon, Lingkar Gentong Tasikmalaya, dan Nagreg.