Siaga SAR, Basarnas Bandung Kerahkan Puluhan Personel di Beberapa Lokasi Ini

Ilustrasi petugas SAR disiagakan di beberapa lokasi rawan bencana
Ilustrasi petugas SAR disiagakan di beberapa lokasi rawan bencana. (foto: istimewa)

Sementara itu, personel juga ditempatkan di pos-pos yang memiliki potensi kecelakaan air, seperti objek wisata Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Pantai Santolo, Kabupaten Garut, dan Waduk Cirata di Kabupaten Purwakarta.

“Siaga SAR khusus Natal dan Tahun Baru ini akan dilaksanakan selama 21 hari dimulai sejak Senin (18/12) hingga 7 Januari 2024,” tambahnya.

Baca Juga:  Video: Viral Pungli ke Pedagang di Medan, Preman Tantang Polisi Ditangkap

Hery menekankan bahwa libur dan cuti bersama di akhir tahun seringkali menyebabkan mobilisasi orang untuk melaksanakan kegiatan liburan maupun tradisi mudik, yang berpotensi menimbulkan kedaruratan seperti kemacetan dan kepadatan arus lalu lintas yang mengancam keselamatan pengguna jalan.

Baca Juga:  Jadwal Tayang Film Doctor Strange In The Multiverse Of Madness di Bioskop Kota Bandung

Selain itu, berdasarkan informasi dari BMKG, curah hujan dan gelombang tinggi di beberapa wilayah dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, dan angin kencang.

Baca Juga:  Pelajar SMP yang Tenggelam di Sungai Bedagai Ditemukan Tersangkut Tunggul Kayu

“Kami mengimbau untuk mewaspadai titik-titik simpul kemacetan, melaksanakan patroli dan pemantauan di lokasi pariwisata, mengupdate informasi cuaca, waspadai daerah rawan,” pungkasnya.