Soal Tapal Desa Leuit Juara di Karawang, Ridwan Kamil Minta Cellica Nurrachadiana Lakukan Hal Ini

Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Adpim Jabar).

JABARNEWS | KARAWANG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana untuk menjadi yang terdepan dalam membuat leuit-leuit di seluruh desa di Karawang.

“Saya minta Karawang terdepan menyeratuspersenkan leuit-leuit di Karawang, supaya juara produksi gabahnya dan juga ketahanan pangannya. Ini menjadi kebanggaan,” kata Ridwan Kamil saat meresmikan Ketahanan Pangan Digital Desa (Tapal Desa) Leuit Juara di Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Rabu (21/12/2022).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Bahas Masalah Kesehatan dengan Dubes Denmark, 46 Puskesmas Dipilih Jadi Pelayanan Penyakit Diabetes

“Saya sedang mempersiapkan masa depan agar selamat dengan kehadiran ketahanan pangan melalui leuit,” tambahnya.

Tapal Desa Leuit Juara merupakan komitmen Pemda Provinsi Jabar dalam mengantisipasi ancaman resesi pada 2023. Selain itu, ada perpaduan tradisional dan modern dalam leuit atau lumbung padi tersebut.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Beri Wejangan ke KNPI Jabar: Jangan Sampai Ada Tandingan

“Inspirasinya ini dari kasepuhan dari Sukabumi dan Banten. Setiap panen kita harus menyisihkan gabah ditabung di sebuah tempat yang disebut Leuit Juara. Itulah kenapa Pak Gubernur menirukan kearifan lokal di modernisasi, maka lahir judulnya dalam menangani krisis pangan, yaitu Tapal Desa,” ucapnya.

Baca Juga:  Gubernur Jabar Minta Pelaku Perundungan di Tasik Diberikan Sanksi Seadil-adilnya