T20 Indonesia 2022, Ridwan Kamil Paparkan Transformasi Desa Digital di Jabar

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat memberikan paparan secara virtual dari Gedung Pakan, Kota Bandung, Rabu (27/7/2022). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam forum Side Event of Think 20 (T20) Digital Transformation for Rural and Maritime Area mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk memperluas jaringan internet hingga ke 5.300 desa di Jabar lewat Program Desa Digital.

Baca Juga:  Bersama Ribuan Warga, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Salat Id di Masjid Al Jabbar

Sebagaimana diketahui, Provinsi Jabar merupakan wilayah dengan jumlah pengguna internet tertinggi di Indonesia. Hal ini menjadi tantangan bagi Jabar untuk dapat memenuhi ketersediaan akses internet yang merata di semua desa.

“Program ini akan diperluas ke 5.300 desa di seluruh Jawa Barat,” kata Ridwan Kamil saat memberikan paparan secara virtual dari Gedung Pakan, Kota Bandung, Rabu (27/7/2022).

Baca Juga:  Tak Hanya Pakaian Bekas, Ridwan Kamil Sebut Impor Tekstil Murah Juga Bikin Rusak Pasar UMKM

Di hadapan peserta forum, Ridwan Kamil menjelaskan, Desa Digital adalah program pemberdayaan masyarakat melalui penggunaan teknologi digital dan internet. Tujuannya untuk lebih mengembangkan potensi desa, pemasaran, layanan akses dan informasi.

Baca Juga:  Geng Motor Bersenjata Kembali Beraksi di Bekasi

“Layanan publik desa akan didigitalisasi terhubung dengan jaringan nirkabel, memiliki pusat komando, media sosial, promosi, e-commerce, serta aplikasi yang disesuaikan dengan karakter dan potensi ekonomi setiap desa,” jelasnya.