Tiga Tips Merawat Rem ABS Motor Agar Awet, Ikuti Caranya

JABARNEWS | BANDUNG – Ada banyak tips merawat rem ABS motor. Bahkan, beberapa diantaranya bisa kalian lakukan sendiri di rumah. ABS atau Anti-Lock Braking System ini dipasang untuk keamanan saat berkendara.

Untuk mengetahui tips merawat ABS motor, tentunya kalian juga mesti mengetahui beberapa penyebab yang bisa merusak sistem keamanan satu ini. Dengan begitu kalian bisa menghindari hal tersebut.

Berikut beberapa tips merawat ABS motor yakni:

Baca Juga:  Pemerintah Tetapkan 9 Desember 2020 Mendatang Sebagai Hari Libur Nasional

Pertama. Periksa Kondisi Minyak Rem – Salah satu cara merawat rem ABS motor paling mudah yakni selalu rutin memeriksa kondisi minyak rem. Dalam pemeriksaannya, pastikan memeriksa volume minyak rem berada di dalam tangki reservoir.

Usahakan setiap kali melakukan pengecekan, pastikan kondisi minyak rem harus tetap sesuai dengan standar. Atau setidaknya tidak boleh kurang dari batas minimal tertera di tangki reservoir. Sebagai contoh untuk motor Yamaha seperti NMAX disarankan ganti minyak rem setiap 20.000 km sekali.

Baca Juga:  TMMD 113, Harapan Baru Masyarakat Desa Wanawali Purwakarta

Kedua. Periksa Kampas Rem – Tips cara merawat rem ABS motor perlu kalian lakukan adalah memeriksa salah satu komponen yang juga cukup penting yakni kampas rem. Salah satu bagian bisa dibilang akan berhubungan langsung dengan piringan cakram.

Membuat setidaknya lama kelamaan dapat membuatnya menipis dan aus. Oleh karena itu, sebagai pengguna kita wajib untuk memeriksa serta membersihkannya dari kotoran debu yang menumpuk. Bahkan jika kondisinya sudah mulai aus dan menipis, maka sebaiknya segera ganti menggunakan kampas baru.

Baca Juga:  Sekarang Bisa Masuk SMP Dekat Rumah Di Bandung

Ketiga. Periksa Kondisi Selang Rem – Cara merawat rem ABS motor berikutnya dapat kalian lakukan yakni dengan memeriksa selang rem. Pasalnya pada bagian ini akan menjadi tumpuan bagi minyak rem untuk menghantarkan tekanan tuas rem ke kaliper guna menggerakan kampas rem. (Red)