Tinjau Sungai Citarum di Kabupaten Bandung, Pangdam: Sudah Rapi

JABARNEWS | BANDUNG – Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto meninjau Taman Citarum Harum Sektor 8 di Kampung Daraulin, Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Selasa (15/12/2020).

Didampingi Dansektor 8 Kolonel Inf Balyuni Herliansyah, Pangdam III Siliwangi pun melaksanakan penanaman pohon di bantaran Sungai Citarum, yang berlokasi di Desa Pamentasan, Kelurahan Kotawaringin. Nugroho Budi Wiryanto juga menebar ikan ke Sungai Citarum.

Baca Juga:  Makanan Pedas Bisa Bikin Badan Gemuk? Ini Kata dr. Nadia Alaydrus

Nugroho Budi Wiryanto mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 8, di mana di tepian sungai sudah ditanami pohon-pohon keras, yang ditanam vertiver sehingga dapat mencegah longsor.

“Saya lihat sungainya sudah rapi, hanya masih ada sampah-sampah sedikit perlu diatasi lagi, perlu dikumpulkan, apakah dengan adanya jaring-jaring untuk menahan atau menampung sampah,” kata Nugroho Budi Wiryanto.

Baca Juga:  Awal tahun 2022, BPBD Purwakarta Sebut Ada 14 Kejadian Akibat Cuaca Ekstrim

Sementara itu, Belyuni Herliansyah menerangkan bahwa kunjungan Pangdam III Siliwangi ialah untuk meninjau apa yang sudah dilakukan oleh Satgas Citarum Harum selama ini, terutama di Sektor 8.

“Jadi tadi saya sudah laporkan kondisi awal Citarum dan beliau melihat hasilnya, ternyata berbeda jauh dengan apa yang terjadi 2,5 tahun lalu,” kata Belyuni Harliansyah.

Baca Juga:  Tim Sepakbola Putra Purwakarta Gagal Raih Medali Emas di Porprov XIV, AKBP Edwar Zulkarnain Sampaikan Hal Ini

Perubahan tersebut, dia harapkan bisa menjadi penyemangat bagi masyarakat di sekitar Sungai Citarum untuk aktif menjaga lingkungan. “Diharapkan masyarakat menyadari untuk tidak  membuang sampah lagi ke sungai,” ucapnya.

Penulis: Yoyo W