Transparansi Limbah, Dedi Mulyadi Minta Pabrik Buat Alat Ukur Air-Udara yang Bisa Dilihat Warga

Transparansi Limbah, Dedi Mulyadi Minta Pabrik Buat Alat Ukur Air-Udara yang Bisa Dilihat Warga
JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi bersama tim Pengendali Dampak Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan pengujian terhadap kualitas air dan udara di sekitar pabrik Indorama Purwakarta.
Sehari sebelumnya Kang Dedi Mulyadi membantu mediasi antara warga dan pihak perusahaan. Warga mengeluhkan soal bau yang berasal dari PT Indorama. Padahal pada zaman Dedi Mulyadi menjabat sebagai Bupati Purwakarta hal tersebut tak pernah terjadi.
Hari ini, Selasa (13/9/2022), Kang Dedi Mulyadi bersama warga dan pihak Indorama melakukan pengecekan langsung ke sumber yang diduga mengandung limbah dan bau. Lokasi tersebut berada tepat berdekatan dengan PT Indorama di Desa Kembangkuning, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.
Di tempat ini tim dari KLHK langsung mengambil sejumlah sampel untuk diteliti. Nantinya sampel tersebut akan diteliti di lab dan hasilnya keluar maksimal 14 hari kerja.
Selain di sekitar pabrik sampel juga diambil dari aliran Sungai Cikembang. Uniknya di tempat ini Kang Dedi Mulyadi justru mendapati lebih banyak limbah dan sampah rumah tangga dibanding dengan bau menyengat dari zat kimia.