Untuk Pertama Kali Bandara Kertajati Majalengka Berangkatkan Jemaah Haji

Bandara Kertajati
Kondisi Bandara Kertajati Jawa Barat sepi terus. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – 2023 menjadi tahun bersejarah bagi Bandara Kertajati. Di tahun ini, lapangan terbang yang memiliki nama resmi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati ini untuk pertama kalinya akan menjadi lokasi keberangkatan jamaah haji.

Karena lokasinya berada di wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, para Jemaah haji yang diberangkatkan dari Bandara Kertajati merupakan para calon Jemaah haji berasal dari beberapa daerah di Jawa Barat.

Baca Juga:  Peringatan HUT ke 51 Korpri, Bupati Purwakarta: ASN Harus Melek Teknologi

Mereka sebagian besar berasal dari daerah Kabupaten/Kota Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Subang, dan Sumedang. Pemberangkatan pertama Embarkasi Kertajati ini rencananya akan dimulai pada 28 Mei dan berakhir pada 22 Juni 2023.

Baca Juga:  Thoriqoh Nashrullah Fitriyah Menerima Banyak Keluhan Soal Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

Sebanyak 8.968 jamaah haji dari 24 kloter akan diterbangkan ke Arab Saudi secara bertahap dengan sistem bergilir satu hari satu kloter.

Baca Juga:  Cucu Soekarno Jadi Tamu Kehormatan Pada Pawai Beras Perelek Di Purwakarta

Hal tersebut seperti ditegaskan Direktur Layanan Haji dalam Negeri Kemenag, Saiful Mujab. Menurutnya, keputusan pemberangkatan Embarkasi Kertajati dari BIJB Kertajati sebenarnya sudah ada sejak tahun 2020 seiring dengan terbitnya Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 167.