Untuk Pertama Kali Bandara Kertajati Majalengka Berangkatkan Jemaah Haji

Bandara Kertajati
Kondisi Bandara Kertajati Jawa Barat sepi terus. (foto: istimewa)

Namun, rencana itu mesti tertunda karena pandemi Covid-19. Pada tahun 2022, lantaran kuota haji Indonesia yang hanya separuh, jamaah asal Embarkasi Kertajati bergabung dengan Embarkasi Bekasi.

“Embarkasi Kertajati berbeda dengan embarkasi lain di 13 embarkasi. Kalau embarkasi lain selesai administrasi, termasuk imigrasi dan lain-lain itu di asrama (haji), sedangkan Embarkasi Kertajati untuk tahun ini selesainya di bandara,” kata Saiful Mujab.

Baca Juga:  Thoriqoh Nashrullah Fitriyah Menerima Banyak Keluhan Soal Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

Ia optimistis tahun-tahun berikutnya, Embarkasi Kertajati sudah sanggup menyelesaikan administrasi jamaah haji lebih cepat sebagaimana standar yang diterapkan embarkasi-embarkasi lain.

Baca Juga:  Bupati Cianjur Herman Suherman Lepas 366 Calon Jemaah Haji

Meski perdana, Manajer Umum Eksekutif Bandara Kertajati Nuril Huda menyatakan siap menerima ribuan jamaah haji. Sejumlah fasilitas dan skema mobilisasi jamaah sudah dipersiapkan, mulai dari keberangkatan ke Arab Saudi hingga kepulangan mereka ke Tanah Air.

Baca Juga:  Sudah Bayar Mahal hingga Rp300 Juta Tanpa Antre, Puluhan Warga Ini Gagal Tunaikan Ibadah Haji

Nuril mengungkapkan, pihaknya juga akan memberi kemudahan jamaah lansia dan difabel, misalnya dengan menyediakan kursi yang cukup saat antrean pengurusan administrasi dan toilet ramah penyandang disabilitas.