Uu Ruzhanul Ulum Ingin Kembalikan Marwah Santri dalam Menjaga Kedaulatan NKRI

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 bersama PWNU Provinsi Jawa Barat di Lapangan Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang, Sabtu (22/10/2022). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan bahwa peran santri merupakan sebuah komunitas yang sangat bersejarah, berjasa dan berkarya terhadap bangsa dan negara.

Menurut Uu Ruhanul Ulum, hal tersebut bukan hanya saat memperjuangkan kemerdekaan, tetapi juga mengisi kemerdekaan terutama dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Baca Juga:  Belasan Anggota Ikhwanul Muslimin di Majalengka Keluar, Ucap Ikrar Setia kepada NKRI

Uu Ruzhanul Ulum menyebutkan, santri mempunyai tiga peran yang sangat penting dalam lahirnya Hari Santri, yang pertama adalah hubbul wahtan minal iman, yang artinya seluruh santri mencintai NKRI.

Baca Juga:  Soal Penyaluran BLT BBM, Uu Ruzhanul Ulum Minta Pemerintah Pusat Kembali Lakukan Validasi Data

“Siapapun yang akan merongrong dan merusak, santri harus terdepan dalam menjaga NKRI,” kata Uu Ruzhanul Ulum dalam keterangan yang diterima, Senin (24/10/2022).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Angkat Suara Soal Polemik di Natuna

Kedua, yakni hifdzu mitsaq, menjaga kesepakatan bersama, bahwa dasar negara kita adalah Pancasila. Jadi santri harus paling depan dalam mempertahankan, memperjuangkan, dan mengamalkan Pancasila.