Uun Samsa Wafat, FAGI Minta Pemerintah Beri Penghargaan Jasa

JABARNEWS | BANDUNG – Pramuka berduka, Selasa (24/11/2020) lalu Uun Samsa sang pencipta lagu ‘Permintaan Api Unggun’ dan ‘Api Menyala’ telah wafat di usia 66 tahun. Selama karir hingga akhhir hayatnya Uun dikenal sebagai guru di SMPN 1 Selaawi, Kabupaten Garut.

Mirisnya, tidak sedikit yang belum mengenal beliau sebagai pencipta lagu tersebut. Mengenang sosok Uun, Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat, Iwan Hermawan meminta pemerintah untuk mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas jasa dan lagu ciptaannya.

Baca Juga:  Abu Janda Komentari Aksi Prabowo Geser Kursi Menkeu Sri Mulyani, Begini Katanya

“Sekarang sudah tidak musim lagi guru disebut pahlawan tanpa tanda jasa, tapi berikan tanda jasa kepada keluarga beliau,” kata Iwan dalam keterangannya, Jumat (27/11/2020).

Baca Juga:  Kapal Nelayan Belawan Tenggelam di Perairan Pulau Berhala, Dua Orang Hilang

Dia mengungkapkan, pemerintah harus memberikan apresiasi nyata dengan memberikan penghargaan kepada keturunannya yang berbentuk beasiswa pendidikan dasar atau hingga perguruan tinggi.

“Atau bisa saja dibuatkan sebuah tugu peringatan di daerah kelahirannya guna mengenang jasa-jasa beliau,” ungkapnya.

Baca Juga:  Walah! Jumlah Pengangguran di Kota Bandung Ada 147 Ribu Jiwa, Disnaker: Naik 11,19 Persen

Iwan menilai jika apresiasi yang berbentuk kemudahan pendidikan bagi anak cucunya itu direalisasikan oleh pemerintah, maka hal tersebut akan lebih bermanfaat bagi keluarganya.

Sehingga, lanjut dia, sepeninggal Uun Samsa, jasa maupun karyanya akan selalu dikenang oleh para siswa dan masyarakat pendidikan. (RNU)