Vaksinasi Hewan Ternak di Kota Bandung Terus Berlanjut

Vaksinasi hewan ternak di Kota Bandung. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar mengatakan, Pemerintah Kota Bandung memastikan pencegahn Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak masih terus berlanjut.

Dia mengaku bahwa pihaknya telah menyuntikan dosis pertama terhadap kepada 200 hewan jelang Iduladha lalu. Sedangkan dosis kedua juga telah diberikan terhadap 200 hewan.

Baca Juga:  Akademisi dan Tokoh Sunda Desak Penetapan Wali Kota Bandung Definitif Dipercepat

“Dosis kedua itu 200 dosis pada 2 Agustus kemarin. Itu tidak utuh semuanya, karena sebagian yang vaksin awal itu terjual dan dipotong saat kurban. Ada 200 dosis (pertama) juga vaksin dan sampai hari ini baru digunakan 256 dosis. Kita manfaatkan vaksin ini,” kata Gin gin di Pendopo Kota Bandung, Sabtu (6/8/2022).

Baca Juga:  Caleg Muda Jadi Faktor Krusial dalam Meraih Suara di Pemilu 2024

Gin gin menyampaikan, untuk saat ini diprioritaskan kepada hewan sapi yang memiliki umur panjang, seperti indukan termasuk sapi perah. Jika tidak digunakan bagi sapi, maka vaksin tersebut digunakan bagi kambing atau domba, yang utamanya yaitu pada masa pembibitan.

Baca Juga:  Ridwal Kamil Tak Nyatakan Tolak Israel di Piala Dunia U-20, Tapi Dukung Kemerdekaan Palestina

“Kalau tidak ada (untuk sapi) disarankan untuk domba atau kambing. Terutama pada pembibitan. Prinsipnya silahkan ke daerah masing-masing bahwa vaksin ini bisa dimanfaatkan,” jelasnya.