Waduh! Puluhan Rumah di Bantarkalong Tasikmalaya Rusak Akibat Pergerakan Tanah

Ilustrasi rumah warga rusak akibat pergerakan tanah. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Puluhan rumah warga rusak akibat bencana pergerakan tanah yang terjadi di Kampung Ciketug, Desa Parakanhonje, Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebanyak 35 rumah mengalami rusak ringan. Sementara yang mengalami rusak berat hanya satu rumah akibat pergerakan tanah tersebut.

Baca Juga:  Ambu Anne Sebut Vaksinasi Remaja di Purwakarta Sudah Capai 30 Ribu Orang

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya mencatat, pergerakan tanah di Kampung Ciketug sering terjadi.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmakaya, Kurnia Trisna Somantri mengatakan, sebagai langkah antisipasi, pihaknya terus menjalin koordinasi dengan Badan Geologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Jawa Barat. Terutama akan kemungkinan terjadinya longsor dalam kapasitas besar.

Baca Juga:  Usai Deklarasi Damai, Pelajar di Sukabumi Saling Bacok hingga Live di IG

“Sementara, itu data hasil asesmen petugas kami di lapangan. Dari 35 rumah yang mengalami rusak ringan itu ada 40 kepala keluarga. Adapun dalam satu rumah yang rusak berat ada satu kepala keluarga yang terdiri dari 4 jiwa,” kata Kurnia, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga:  Gara-gara Setel Musik Terlalu Keras, Seorang Adik Bunuh Kakaknya di Tasikmalaya