Warga Ligung Lor Terus Lestarikan Guar Bumi

JABARNEWS | MAJALENGKA – Selain munjungan, masyarakat Desa Ligung Lor Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka, juga melaksanakan acara adat Guar Bumi. Nyaris setiap tahun, warga di wilayah Majalengka bagian utara ini selalu melaksanakannya. Mereka percaya bahwa dengan melaksanakan ritual yang telah turun temurun itu, limpahan keberkahan atas hasil panen mudah didapat.

Kepala Desa Ligung Lor, Ade Suntana mengatakan acara Guar Bumi di desanya memang rutin dilaksanakan setiap tahun. Acara ini sekaligus juga merupakan inisiatif warga‎ dan seolah telah menjadi rutinitas wajib yang harus dilakukan, mengingat acara adat tersebut tidak pernah absen setiap tahunnya.

Baca Juga:  Pernah Diberi Uang untuk Kampanye, Cellica Nurrachadiana Terlibat dalam Kasus Penipuan Eks Ketua DPRD Jabar?

“Sudah menjadi adat kebiasaan masyarakat Ligung Lor, acara Guar Bumi ini selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Warga membuat sendiri nasi tumpeng lengkap dengan lauk pauknya, lalu di bawa ke balai desa atau sawah,” ungkapnya, Kamis (27/9).

Baca Juga:  Brimob Siaga Jaga Keamanan di Tempat Wisata Pantai Selatan Jabar

Ade menambahkan selain itu, dengan melakukan acara adat ini, masyarakat Ligung Lor berharap supaya musim hujan segera turun, mengingat musim tanam akan dimulai. Acara adat ini juga merupakan ajang silaturahmi antar warga.

Baca Juga:  Masyarakat Minta Aparat Tindak APK Di Pohon

“Acara adat ini juga merupakan ritual warga menjelang musim hujan, warga berharap tanaman padi yang ditanam dapat tumbuh subur dan terhindar dari hama,” ujarnya.

Acara ini dihadiri unsur muspika, Koramil, Polsek serta ratusan warga Ligung Lor Kecamatan Ligung. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat