Waspada Cuaca Ekstrem Potensi Bencana, Ini Himbauan Buat Warga Bekasi

Karikatur - Bencana. (Dodi/Jabarnews)

JABARNEWS | BEKASI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengimbau warga untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang berpotensi menyebabkan bencana selama musim hujan tahun ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Henri Lincoln di Cikarang, Jumat, mengatakan berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) puncak cuaca ekstrem diprakirakan berlangsung selama periode Januari-Februari 2022.

Baca Juga:  Tedy Rusmawan Tinjau Program Padat Karya

“Ini kita sudah lihat situasinya bahwa prakiraan BMKG ini sudah mendekati. Saat ini situasinya sudah mulai turun hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang,” katanya.

Baca Juga:  BPBD Kabupaten Purwakarta Ingatkan Masyarakat Waspadai Angin Puting Beliung

Henri menyebutkan beberapa wilayah di Kabupaten Bekasi sudah mulai terendam air, baik air hujan, luapan sungai, hingga pasang air laut. Pergerakan tanah berdampak longsor hingga angin kencang yang berakibat kerusakan sejumlah rumah warga.

Baca Juga:  BPBD Medan Serahkan Material Bangunan Dan Alat Memasak Bagi Korban Banjir

“Semoga tidak terjadi seperti tahun sebelumnya. Sejauh hasil pantauan kami, genangan air tidak berlangsung lama. Ini karena dinas teknis sudah bekerja dengan melakukan normalisasi di beberapa titik banjir,” ucapnya.