West Java Industrial Meeting Dorong IKM di Jabar Punya Pabrik Sendiri

Kegiatan West Java Industrial Meeting 2023 (WJIM). (Foto: Istimewa)

Ali menjelaskan, pada gelaran WJIM Kadin Jabar mengangkat isu menjembatani kebutuhan para pengusaha akan kepemilikan pabrik di kawasan Industri di Jawa Barat, sehingga akan membahas salah satu model fasilitas peminjaman modal melalui Kredit Pemilikan Pabrik (KPP).

Baca Juga:  Unisba Putuskan Tidak Gelar Perkuliahan Tatap Muka

“Jadi KPP ini suatu bentuk kredit investasi dari lembaga perbankan kepada perusahaan yang ingin membangun pabrik di suatu kawasan industri dalam koordinasi Kadin dan HKI,” papar Ali.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, IKM harus mendapat fasilitas yang memadai karena selama ini pihaknya kerap mendapat curhatan soal fasilitas yang belum memadai dari para pengusaha IKM tersebut.

Baca Juga:  Helmi Budiman Minta Pemprov Jabar Segera Perbaiki Jalan Rusak di Garut Sebelum Lebaran

“Insha Allah dengan forum ini kita akan maksimalkan, sehingga industri besar makin besar, industri kecil bisa naik kelas. Dengan begitulah yang namanya ekonomi Pancasila,” ungkap Emil.

Baca Juga:  Kebakaran Lahap Pabrik Obat di Margacinta Kota Bandung

Kawasan industri di Jawa Barat sudah dianggap sebagai mesin pertumbuhan ekonomi, sehingga penting untuk berperan meningkatkan industri kecil menengah yang seharusnya mendapatkan fasilitas yang memadai.