Wujudkan Petani Milenial, Pelajar di Ujung Purwakarta Ini Diajak Bercocok Tanam

Petani Milenial
Para pelajar SMPN Satap Parungbanteng 1, Desa Parungbanteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta saat belajar menanam dalam program Tatanen di Bale Atikan. (Foto: Dok. Satap Parungbanteng 1).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam rangka meningkatkan minat dalam bidang pertanian, para pelajar di SMPN Satap Parungbanteng 1 diajak untuk membiasakan menanam.

Melalui program Tatanen di Bale Atikan, para siswa-siswi di sekolah yang berlokasi di Desa Parungbanteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta itu diajak untuk membiasakan siswa mengenal pertanian.

Baca Juga:  Begini Harapan Kapolres Purwakarta di Hari Adhyaksa ke-62

Plt Kepala SMPN Satap Parungbanteng 1, Mokhamad Aripin, mengatakan, program Tatanen di Bale Atikan adalah wujud praktek pembelajaran berbasis proyek yang memiliki visi membentuk karakter peserta didik.

Baca Juga:  Kapolres Purwakarta Pantau Langsung Latihan Tim Taktis

“Jadi peserta didik diajarkan kembali bagaimana menanam tanaman sayuran contoh seperti cabai, saledri, bawang daun atau jenis tanaman yang memberikan manfaat bagi kebutuhan hidup, kemandirian pangan. Kemudian, mereka merawatnya dengan penuh kedisiplinan, tanggung jawab, dan keuleta,” ucap pria yang akrab disapa Kang Ipin itu, pada Rabu, 15 Februari 2023.

Baca Juga:  Embung Desa Wanasari dan Taringgul Tonggoh Dinilai Bisa Hadapi Kekeringan di Purwakarta

Ia menyebut, Peserta didik diberikan pembelajaran berbasis proyek, sehingga melahirkan resonansi dan pancaran yang baik di rumah dan lingkungannya.