Media Diminta Junjung Tinggi Netralitas dan Independensi Jelang Pemilu 2024

JABARNEWS | BANDUNG – Komisi 1 DPRD Jawa Barat bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), serta Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) menggelar workshop dengan tajuk ‘Pengawasan Pemberitaan Penyiaran dan Kampanye Pemilu’ di Sari Ater Kamboti Hotel, Jumat (8/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Anggota Komisi 1 DPRD Jawa Barat Rafael Situmorang mengajak insan media untuk menjunjung tinggi netralitas dan independensi terlebih saat ini mulai memasuki tahapan kampanye.

Baca Juga:  Ini Hasil Rapat Sekwan DPRD Jabar dan ASDEPSI Terkait Penetapan dan Perpanjangan Penjabat Kepala Daerah

“Lembaga Penyiaran ini memiliki kekuatan yang luar biasa untuk memberikan edukasi dan pemahaman masyarakat, maka dari itu media massa harus senantiasa menjunjung tinggi netralitas dan Independensinya, serta tidak takut memberitakan kebenaran terhadap sebuah kandidat peserta pemilu,” ungkapnya.

Baca Juga:  BNPT Sebut Ada Parpol Terafiliasi Jaringan Terorisme

Ia mencontohkan seperti menginformasikan siapa latar belakang calon yang bersaing dalam kontestasi Pemilu 2024 maupun Pileg.

“Hemat saya mempublikasikan siapa latar belakang Calon itu yang harus dilakukan media penyiaran, itu bentuk transparansi dan edukasi yang dilakukan media massa kepada masyarakat sebagai pemilih agar masyarakat ini semakin tercerdaskan dan bijak dalam mengambil sebuah keputusan,” terangnya.

Baca Juga:  Efek Dedi Mulyadi, Gerindra Pede Bisa Menang Telak di Pemilu dan Pilgub Jabar 2024