Dianggap Terlalu Lama, Ridwan Kamil Usulkan Vaksinasi Covid-19 Rampung Dalam Enam Bulan

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengusulkan proses vaksinasi bisa dipercepat menjadi 12 bulan atau bahkan dalam waktu enam bulan pada Pemerintah Pusat.

“Kami sedang mengkoordinasikan ke pemerintah pusat, karena sementara informasi yang didapat vaksinasi ini selesai 15 bulan, menurut kami kelamaan,” kata Emil, sapaan akrabnya di Bandung, Selasa (5/1/2021).

“Berarti baru pertengahan mendekati pertengahan 2022, orang terakhir di vaksin. Bisa tidak kita simulasikan di 12 bulan bahkan di 6 bulan?,” tambanya.

Baca Juga:  Rapat Dengan Kemendagri, Ridwan Kamil: Semua Aman Tekendali

Emil menjelaskan, proses vaksinasi bisa dipercepat jika tempat vaksinasi di Jabar ditambah dua kali lipat. Saat ini, lanjut dia, di Jabar baru ada 1.100 lokasi vaksinasi.

“Sementara baru 1.100 lokasi tempat vaksinasi, kami berharap bisa 2.000 lokasi. Kalau 2000 lokasi berarti fasilitas negara, fasilitas TNI -Polri itu akan kami simulasikan sebagai zona tambahan vaksinasi di Jawa Barat,” jelas Ketua Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Jabar ini.

Baca Juga:  Terpilih Jadi Ketua Umum ADPM, Begini Janji Ridwan Kamil

Selain proses rampungnya vaksin, Emil juga mengusulkan, durasi waktu proses penyuntikan untuk dipercepat menjadi 30 menit.

“Kami juga mengusulkan bisakah 1 orang itu tidak 45 menit durasinya, karena itu akan menghabiskan waktu terlalu lama minimal hanya 30 menit per orang itu insya Allah akan membantu menyelesaikan dengan penyuntikan di jam normal tanpa lembur,” tutupnya.

Baca Juga:  Imam Nahrawi Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Hibah KONI

Untuk diketahui, pemerintah menargetkan proses vaksinasi Covid-19 bisa rampung dalam waktu 15 bulan. Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap dalam periode 15 bulan terhitung sejak Januari 2021 hingga Maret 2022.

Penulis: Rian Nugraha