Duh, 14 Persen Warga Jabar Tolak Vaksin Covid-19, Ridwan Kamil Sampaikan Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengabarkan adanya sebanyak 14 persen warga Jabar menolak dirinya disuntik vaksin Covid-19 dan sebanyak 43,8 persen warga Jabar masih ragu untuk disuntik vaksin.

“Yang 43,8 persen itu lebih kepada ingin lebih tahu detil,” kata Ridwan Kamil seperti dilansir dari laman Okezone, Kamis (17/12/2020).

Beranjak dari hal tersebut, Ridwan Kamil bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) terus berusaha mengedukasi masyarakat bahwa vaksin Covid-19 aman digunakan, dengan menjadi relawan vaksin.

Baca Juga:  Instagram Dituduh Menjiplak, Perusahaan Meta Digugat Phhhoto ke Pengadilan

Ia juga mengajak kepada seluruh media untuk memberikan edukasi terkait vaksin, untuk meyakinkan masyarakat hingga hasil uji klinis keluar dan disetujui oleh badan pengawasan obat dan makanan (BPOM).

“Karena satu-satunya cara kita mengakhiri pandemi ini adalah yang sakit sembuh oleh obat dan yang sehatnya imun melalui vaksin,” tambahnya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Jika Ditawari Kepala IKN oleh Jokowi, Paguyuban Pasundan: Harus Diambil

Ridwan Kamil menjelaskan bahwa dia bersama sejumlah pimpinan daerah di Jabar menjadi relawan uji klinis vaksin guna membuktikan khasiat dan efek samping dari vaksin yang diujikan.

Dia pun menyatakan hingga saat ini dirinya bersama Pangdam 3 Siliwangi dan Kajati Jabar, yang mengikuti uji klinis, tidak merasakan efek samping yang berlebih setelah divaksin.

Baca Juga:  Ini Instruksi Ridwan Kamil untuk Kepala Daerah di Jawa Barat

Bahkan pasca disuntik vaksin Covid-19, hasil tes swab yang dilakukan secara berkala menunjukkan hasil negatif.

Meski begitu, Ridwan Kamil mengatakan dirinya tidak mau mendahului hasil uji klinis, dan tidak dapat memastikan apakah sehat dan tidak terpapar covid-19 ini akibat dari vaksin atau bukan.