Hari Kesaktian Pancasila, Ridwan Kamil Sampaikan Hal Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membagikan sebuah postingan ucapan selamat peringatan Hari Kesaktian Pancasila melalui akun instagramnya @ridwankamil, Kamis (1/10/2020).

“Selamat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober,” tulis @ridwankamil

Ridwan Kamil mengatakan, Pancasila adalah kesepakatan agung atau mitsaqan ghaliza versi bangsa Indonesia agar kita bisa hidup damai berdampingan sampai akhir nanti.

Baca Juga:  Panen Jelek Sebabkan Tunggakan PBB di Majalengka

“Kesepakatan dari mereka yang berbeda segala rupa tapi bersepakat membangun rumah bersama dengan saling menghormati,” cuitnya.

Ia menjelaskan, dalam perjalanannya, Pancasila mengalami banyak gangguan, seperti G30S-PKI tahun 1965 atau pemberontakan DI/TII.

Baca Juga:  Habib Luthfi dan Ridwan Kamil Hadiri Istighosah Kubro

“Di masa depan, gangguan klasik itu mungkin ada seperti godaan ideologi baik kanan maupun kiri dengan radikalismenya, ujaran kebencian, SARA, ekonomi anti keadilan sosial maupun sikap anti dialog/musyawarah,” tambahnya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Terima 104 Sertifikat Tanah Aset Dari Pemerintah Pusat

Kalau mau bangsa ini langgeng dan utuh, kata dia, mari jaga Pancasila kita agar selalu sakti. Lawan semua godaan, narasi atau provokasi yang menjauhkan kita dari Pancasila. (Red)