Kapolda Jabar Dicopot Terkait Prokes, Ridwan Kamil Puji Rudy Sufahriadi

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi yang sudah bekerja sama dalam menangani Covid-19.

“Selama proses mengendalikan Covid-19, dari Maret sampai hari ini, bagi saya pribadi kinerjanya (Rudy Sufahriadi) luar biasa ya,” kata Ridwan Kamil di Kota Bandung, Selasa (17/11/2020).

Menurut dia, Rudy memiliki solidaritas yang tinggi. Salah satunya adalah ikut menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 meski tanpa diminta.

Semua tahapan uji klinis pun diikuti dari mulai pemeriksaan awal hingga tahapan menuju akhir penelitian, yakni tes darah pada Desember 2020 mendatang.

Baca Juga:  Simak, Ini Sederet Pencapaian Imam Nahrawi Sebagai Menpora

Koordinasi dan komunikasi, menurur Ridwan Kamil, juga bisa berjalan dengan baik di tengah berbagai dinamika yang terjadi. Seperti saat marak terjadi aksi demonstrasi di beberapa daerah.

“Dengan solidaritas, beliau menjadi relawan Covid-19 tanpa diminta, semula hanya saya. Saya menyaksikan sendiri dedikasi dari sisi waktu, mengendalikan demo juga, pada saat situasi sulit,” ucap dia.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Jabar Jadi Provinsi Paling Banyak Lakukan Test Swab

“Jadi saya kira sosok Pak Rudy, saya apresiasi luar biasa, kemudian saya memahami apa pergeseran-pergeseran di institusi, saya kira itu diperlukan ya, karena dinamika-dinamika tidak bisa dihindari,” ia melanjutkan.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahradi Novianto. Pencopotan dua jenderal itu buntut kerumunan massa di pernikahan puteri Rizieq Shihab.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, sesuai dengan Telegram Resmi Kapolri No. ST3222/XI/Kep/2020 pada 16 November 2020, terdapat pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri, yaitu Irjen Nana Sudjana Kapolda Metro Jaya diangkat sebagai Korsahli Kapolri.

Baca Juga:  Kisruh Kerumunan Habib Rizieq, Ridwan Kamil: Mahfud MD Harus Tanggung Jawab

“Kemudian Irjen Muhammad Fadil Imran Kapolda Jawa Timur diangkat jabatan baru sebagai Kapolda Metro Jaya. Kedua, Irjen Rudi Sufahradi Kapolda Jawa Barat diangkat dalam jabatan baru sebagai Widekswara Tingkat 1 Lemdiklat Polri. Kemudian penggantinya Irjen Ahmad Dofiri sebagai Kapolda Jawa Barat,” tegasnya. (Yoy)