Pemprov Jabar Percepat Proyek Drainase Sungai Citarum

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah memperbaiki sistem drainase untuk penanganan banjir Sungai Citarum melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Pembangunan infrastruktur tersebut akan dibangun di Kampung Cieunteung, Kelurahan/Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

“Kami yakin proyek untuk penanganan banjir di Baleendah itu selesai desember 2018,” ujar ,Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa, saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jum’at (2/3/2018), dikutip laman Republika.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Sebut Relawan Seperti Ini Hanya Ada di Kota Bogor, Siapa Itu?

Proyek yang ditujukan untuk aliran banjir Banjaran dan Baleendah tersebut sudah mencapai 51 persen dengan luas tanah 6,15 hektare. Status tanah yang dibebaskan sudah selesai, kecuali ada yang milik PT KAI.

Iwa mengatakan, selain di kawasan Baleendah dan Banjaran, pengerjaan normalisasi Sungai Cimande, Cikeruh dan Sungai Cikijing juga terus berjalan.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Sampaikan Empat Kemampuan Yang Perlu Dimiliki Dai Muda

Tidak hanya itu, program floodway di Sungai Cisangkuy dinormalisasi sepanjang 10,4 km. Tanah yang sudah dibebaskan seluas 7,9 hektare dan sisanya seluas 44,42 hektare. Saat ini progresnya sudah mencapai 19,2 persen.

Ditambahkannya, untuk proyek Provinsi Jawa Barat berupa kolam retensi di wilayah Gedebage, Kota Bandung terus dilakukan percepatan. Kolam seluas 7,3 hektare itu progress pembangunan sudah mencapai 33 persen.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Pastikan Pantau Perkembangan Kasus Covid-19 Usai Libur Panjang

“Danau ini dibangun supaya kalau hujan, di Gedebage ini tidak banjir, dan kemarau tidak kekeringan, sehingga ada suplai air baku,” ucapnya. (Dan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat