Pemprov Jabar Terima 97.000 Dosis Vaksin Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menerima 97.000 dosis vaksin Covid-19 Sinovak yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan atau medis yang terdepan melawan pandemi Covid-19.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, satu orang mendapat dua dosis vaksin Covid-19. Maka, sebanyak 44.000 tenaga kesehatan dipilih untuk dua kali penyuntikan yang direncanakan dilakukan pada minggu ketiga Januari.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Teken Perjanjian Pinjaman Daerah Senilai Rp1,812 Triliun

“Jabar mendapatkan 97.000 dosis vaksin Covid-19 pada tahap satu, karena satu orang dua dosis maka 44.000 tenaga kesehatan dipilih untuk dua kali penyuntikan di minggu ketiga Januari ini,” kata Emil, sapaan akrabnya di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (5/1/2020).

Dia menjelaskan, sebelum dilakukan vaksinasi, Pemprov Jabar akan melakukan simulasi penyuntikan terlebih dahulu di seluruh kabupaten/kota di Jabar dalam waktu dekat ini. Emil menyebut, beberapa daerah seperti Depok, Bogor, Kabupaten Bekasi sudah melakukan simulasi, tinggal sisanya akan dilakukan oleh bupati dan wali kota.

Baca Juga:  BPJS Menunggak Rp.30 Miliar Bikin RSUD Ciamis Nyaris Kolaps

“Kami sedang mensimulasikan dan memerintahkan bupati dan walikota Minggu ini untuk melakukan simulasi vaksin Covid-19 di wilayah masing-masing,” jelasnya.

Terkait vaksinator (orang yang menyuntik vaksin), Emil mengungkapkan, jumlahnya bertambah dari 1.000 menjadi 11.000 orang. Oleh karena itu, lanjut Emil, akan memberikan pelatihan lebih dalam pada vaksinator.

Baca Juga:  Sepasang Pasutri Diserang Monyet Beruk Gegerkan Warga Depok

“Tadinya hanya 1000 orang sekarang kami latih bakal menjadi 11.000 orang. Alhamdulillah Pemprov Jabar siap, 10 kali lipat lebih sehingga kita akan berlimpah tim yang akan menyuntikkan Vaksin,” tutupnya.

Penulis: Rian Nugraha