PKM Politeknik Negeri Indramayu Buat Mesin Oven untuk Pengusaha Rengginang UMKM Kertasemaya

PKM Politeknik Negeri Indramayu Buat Mesin Oven untuk Pengusaha Rengginang UMKM Kertasemaya. (Foto: Istimewa).
PKM Politeknik Negeri Indramayu Buat Mesin Oven untuk Pengusaha Rengginang UMKM Kertasemaya. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | INDRAMAYU – Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) membuat mesin oven dalam mempermudah membuat Renginang saat musim hujan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kertasemaya.

Sebagaimana diketahui, proses pembuatan rengginang dari adonan, pengeringan sampai penggorengan merupakan proses yang harus dilakukan oleh pengusaha rengginang. Pada proses pengeringan terdapat resiko untuk terhambatnya proses produksi rengginang, yaitu ketika musim hujan atau mendung, maka perlu adanya teknologi pendukung untuk antisipasi kondisi tersebut.

Baca Juga:  Bangun Konektivitas Perguruan Tinggi dan Masyarakat, Unisba Expo Diharapkan Bisa Tingkatkan Penelitian dan PKM

Untuk itu, Polindra membuat mesin oven dalam program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) sebagai bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca Juga:  Terima Dana Hibah Kemendikbudristek, Unisba Diseminasikan Hasil Penelitian dan PKM Terkait MBKM

Mesin oven ini buat oleh Tim PKM Polindra yang diketuai oleh Muhamad Ghozali dengan beranggotakan Suliono, Delffika Canra dan mahasiswa Prodi D3 Teknik Mesin.

Baca Juga:  Tiga Cara Merawat Genteng Rumah Agar Tidak Mudah Bocor Saat Musim Hujan

Dalam pembuatannya, Tim PKM Polindra bermitra dengan Affandi, pengusaha renginang merek Cap Sikembar, yang berlokasi di Blok Rengas Payung, Desa Kertasemaya, Kabupaten Indramayu.