Puluhan Petani di Desa Sidaharja Ciamis Berburu Tikus Sawah, Ini Tujuannya

Petani
Ppetani di Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis berburu hama tikus di sawah pada Minggu (24/12/2023). (Foto: HR online).

JABARNEWS | CIAMIS – Puluhan Ppetani di Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis berburu hama tikus sawah pada Minggu (24/12/2023).

Perburuan tikus sawah itu dikakukan menjelang menjelang persiapan musim tanam padi yang bertujuan untuk menghindari terjadinya serangan sebelum penanaman padi tiba.

Baca Juga:  Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Sungai Cimanuk Garut, Polisi Beberkan Hal Ini

Dilansir JabarNews.com dari Suara.com, para petani menyusuri tanggul pematang sawah. Bahkan mereka rela mencari hingga ke selokan untuk mencari lubang (sarang) tikus, mereka juga tampak bersorak-sorai saat berhasil melumpuhkan seekor tikus.

Baca Juga:  Desa Terpencil di Kuningan Ini Dibangun pada Abad Ke-18 Sejak Kesultanan Cirebon, Catat Lokasinya Disini!

Kepala Desa Sidaharja Haris Munandar mengatakan bahwa berburu tikus tersebut untuk mengantisipasi terjadinya serangan hama tikus saat menjelang musim tanam.

Baca Juga:  Kemarin, Pilkades di Sindangbarang Ciamis Ricuh, Polisi Sampai Lepaskan Tembakan

“Para petani melihat banyak sarang tikus yang ada di tanggul pematang sawah. Sehingga dari masing masing Poktan membuat kesepakatan untuk melakukan perburuan bersama-sama,” kata Haris.