Peringati Hari Gunung Sedunia, Inilah Pesan Wagub Uu

JABARNEWS | BANDUNG – Peringati Hari Gunung Sedunia, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Rizhanul Ulum berharap bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya ekosistem kehidupan.

“Pentingnya ekosistem kehidupan sebagai mata rantai kehidupan yang harmonis dan saling membutuhkan dalam melaksanakan kehidup sehari-hari,” ujar Uu, saat melakukan simbolis penanaman pohon alpukat di wilayah kaki Gunung Sawal yang terletak di Dusun Wanasari, Desa Budiasih, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Minggu (29/12/19).

Baca Juga:  Soal Pilgub Jabar, Ridwan Kamil Fokus Pada Dukungan Koalisi Partai

Menurut Uu, hutan adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh seluruh bentuk kehidupan, oleh karena itu kita wajib melindungi dan melestarikan Gunung, karena di Gunung terdapat beberapa hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,

“Seperti kita ketahui di Gunung terdapat sebuah pepohonan yang selalu menyerap air, oleh sebab itu air adalah sumber kehidupan, maka demikian jika kita menjaga dan melestarikan hutan sama dengan memelihara sumber mata air,” ujarnya

Baca Juga:  Aher Resmikan Liga Pekerja Indonesia Zona Jawa Barat

Uu menerangkan, memang hari ini air terasa murah harganya dibandingkan dengan bahan bakar minyak (BBM), namun akan tetapi sebetulnya kebutuhan lebih penting air dari pada BBM, oleh sebab itu air merupakan anugrah dari Alloh SWT, maka kita harus mensyukurinya dan pelihara anugrah dan nikmat dari Alloh dengan adanya air yang melimpah.

Uu juga menjelaskan, Gunung memiliki makna dan berbagai macam mamfaat, disamping sebagai sumber mata air, Gunung juga sebagai wahana wisata, karena menurut Uu, wisata andalan di Jawa Barat ada 3, yakni wisata bahari (wisata laut), wisata jabali (wisata gunung) dan wisata religi.

Baca Juga:  Aher Minta PTN Di Indonesia Jadi Pengampu PTS

“Dengan demikian Wakil Gubernur Jabar tersebut meminta seluruh lapisan masyarakat untuk memelihara dan melestarikan Gunung, jangan sampai Gunung habis pepohonannya, sehingga terjadi longsor dan kekeringan,” ungkapnya. (CR1)