Alamai Kenaikan Harga, Zulkifli Hasan Tegaskan Tidak akan Impor Bawang Merah

Ilustrasi bawang merah. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan bahwa pihaknya tidak akan membuka opsi untuk melakukan impor bawang merah. Meski harga bawang merah saat ini mengalami kenaikan.

Berdasarkan panel harga pangan dari Bapanas pada Kamis (25/4/2024), harga rata-rata nasional untuk bawang merah sebesar Rp53.500 per kilogram, sedangkan harga tertinggi mencapai Rp81.620 per kilogram di Papua Tengah dan terendah Rp35.990 per kilogram di Kepulauan Riau.

Baca Juga:  Harga Pangan Naik di Awal Ramadhan, Mendag Zulhas Beberkan Hal Ini

Harga tertinggi bawang merah nyaris dua kali lipat apabila dibandingkan dengan harga ideal bawang merah yang berada di kisaran Rp30 ribu–Rp40 ribu per kilogram.

Baca Juga:  Ini Alasan Jokowi Tunjuk Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto Jadi Menteri

“Bawang merah enggak ada impor. Nggak ada, nggak bisa, nggak boleh,” kata Zulkifli Hasan setelah menghadiri Halal Bihalal 2024 di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Baca Juga:  Ditahan Imbang Bangladesh, Shin Tae-yong Minta Maaf Kepada Suporter Timnas Indonesia

Dia menegaskan bahwa Indonesia masih bisa menanam bawang merahnya sendiri. Oleh karena itu, ketika kondisi harga naik maupun tidak naik, Indonesia tidak akan mengimpor bawang merah.