Alhamdulilah, Tahun Ini 2.134 ASN Berkurban

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak 2.134 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemda Provinsi Jawa Barat melaksanakan kurban tahun ini. Jumlah ini tidak termasuk para pengawas dan guru.

Pemotongan hewan kurban dilakukan melalui Baznas Provinsi Jawa Barat dan OPD masing-masing. Namun, ada juga ASN yang melaksanakan kurban di kediaman pribadi atau kampung halamannya. Jumlah hewan kurban yang terdata diantaranya 374 ekor sapi dan 1.018 ekor domba.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menilai, penyebaran hewan kurban yang berasal dari ASN Jawa Barat ini relatif merata dan meningkat dibanding tahun sebelumnya. Terlebih pendistribusiannya dilakukan hingga wilayah Jawa Barat Selatan.

“Dalam kurban tahun ini relatif sangat merata tetapi juga meningkat. Jadi di wilayah Pameungpeuk, Ciamis, khususnya di Jabar Selatan, sehingga dengan demikian manfaatnya Insyaallah akan jadi banyak karena yang menikmati jauh lebih banyak,” ungkap Iwa usai penyerahan hewan kurban di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, Jl. Asia-Afrika Kota Bandung, Rabu (22/8/18).

Baca Juga:  Bupati dan Ratusan Masyarakat Sergai Salat Idul Adha di Masjid Agung

Usai melaksanakan salat Id di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Iwa langsung menuju Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat. Di sini Iwa menyerahkan hewan kurban atas nama Presiden RI Joko Widodo berupa sapi limosin seberat 841 kg kepada Wakil Ketua DKM Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat Deddy Rokhaedie. Selain itu, Plt Kepala Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial yang juga Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jawa Barat, Sonny Samsu Adisudarma juga menyerahkan hewan qurban atas nama Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat.

Plt. Kepala Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial yang juga Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jawa Barat, Sonny Samsu Adisudarma menyerahkan hewan kurban bantuan Gubernur, (Foto: Humas Prov Jabar).

Baca Juga:  Kasus Video Asusila Open BO Siswi SMP Dihentikan, Pendidikan Keluarga Jadi Sorotan

Sementara itu, pada pelaksanaan salat Idul Adha 1439 Hijriah/2018 Masehi Tingkat Provinsi Jawa Barat yang digelar di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Rabu (22/8/2018) atau 10 Dzulhijjah 1439 H, mewakili Pj. Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan, Sekda Iwa mengucapkan Selamat Idul Adha 1439 Hijriah untuk seluruh masyarakat Jawa Barat yang merayakan.

“Saya sampaikan permohonan maaf dari Bapak Pj Gubernur Jawa Barat karena tidak bisa hadir langsung di tengah-tengah bapak/ibu dan hadirin sekalian. Sehubungan beliau (Pj Gubernur Jawa Barat) beserta istri harus mendampingi Bapak Presiden Republik Indonesia beserta Ibu Negara yang melaksanakan salat Idul Adha di Kabupaten Bogor,” tutur Iwa dalam sambutannya sebelum Salat Id.

“Untuk itu, atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah,” sambungnya.

Baca Juga:  Erick Thohir Optimistis Pemain Timnas Indonesia Bisa Berprestasi di Piala Dunia U-17

Hari Raya Idul Adha atau dikenal juga dengan Hari Raya Agung, kata Iwa, karena bertepatan dengan ibadah besar dan monumental bagi umat Islam, yaitu ibadah haji dan kurban.

“Untuk itu, pada kesempatan yang berbahagia ini. Saya mengajak hadirin untuk medoakan seluruh jamaah haji khususnya yang berasal dari Jawa Barat agar senantiasa diberikan kelancaran dalam pelaksanaan seluruh rangkaian ibadah di Tanah Suci dengan meraih predikat haji mabrur dan mabrurah,” harap Iwa.

Pada kesempatan ini, Iwa juga menghimbau agar proses penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban agar dilaksanakan dengan tertib dan lancar.

“Aspek keabsahan secara syariah sejatinya mampu disempurnakan dengan tetap menjunjung tinggi aspek kebersihan dan kesehatan, sehingga baik yang berkurban maupun yang menerima sama-sama memperoleh ketenangan lahir dan bathin,” imbuhnya. (Rilis Prov Jabar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat