Anda Nasabah BCA? Sebaiknya Baca Ini Dulu

JABARNEWS | JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendorong nasabahnya yang menggunakan kartu kredit untuk segera mengangkifkan PIN kartu kredit demi keamanan dan kenyamanan bertransaksi sekaligus mengikuti regulasi Bank Indonesia (BI).

Untuk diketahui, sesuai Peraturan BI, per 1 Juli 2020, seluruh transaksi kartu kredit diwajibkan menggunakan PIN.

“Sejak beberapa waktu lalu, BCA secara aktif memberikan sosialisasi ke nasabah pemegang kartu kredit di seluruh Tanah Air untuk mengaktifkan PIN Kartu Kredit sebelum 1 Juli 2020. Kami telah menyebarkan informasi secara masif melalui beragam kanal antara lain website BCA, email, media sosial, dan kanal informasi lainnya,” urai Executive Vice President of Transaction Banking Business Development I Ketut Alam Wangsawijaya.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Minta Pelaksanaan PPKM Darurat Dibenahi, Kususnya Bagi Pedagang

Sebagai informasi, hingga Mei 2020, tercatat 84% sudah melakukan aktivasi PIN untuk bertransaksi dengan kartu kredit. “Bagi nasabah pemegang kartu kredit BCA yang masih belum mengaktifkan PIN, kami harapkan dapat segera melakukan aktivasi sebelum 1 Juli 2020,” lanjut I Ketut.

Secara umum, terdapat tiga cara untuk mengaktifkan PIN kartu kredit, antara lain via BCA mobile, via www.bca.co.id/creditcard, dan via ATM BCA. Untuk mengetahui cara lengkapnya, nasabah dapat memeroleh informasi pada www.bca.co.id/edukatips/pin dan https://youtu.be/W3BuNol-ylk.

Untuk aktivasi PIN kartu kredit via aplikasi BCA mobile, pilih fitur mAdmin, pilih aktivasi kartu kredit, lalu pilih buat/ubah PIN, dan pilih ‘buat PIN’. Lalu, pilih kartu kredit mana yang mau dibuat PIN, lalu input PIN yang dikehendaki dan PIN kartu kredit Anda kini sudah aktif.

Baca Juga:  Prajurit TNI sampaikan Binkomsos kepada Ibu-ibu

Selain itu, nasabah dapat melakukan aktivasi PIN melalui www.bca.co.id/creditcard dengan mengisi form verifikasi data https://eform.klikbca.com/fasilitasonlinecc/. Setelah menekan ‘Proses’, pilih ‘Aktivasi PIN’, pilih kartu yang akan diaktivasi, masukkan enam digit ‘Kode Otentikasi’, yang diterima melalui SMS, tekan ‘Proses’, masukkan enam digit PIN baru, tekan ‘Proses’, dan Anda akan menerima SMS notifikasi.

Selain melalui BCA mobile dan website BCA, nasabah dapat melakukan aktivasi PIN kartu kredit melalui ATM BCA, dengan memasukkan Kode Otentikasi yang dikirim melalui SMS BCA setelah kartu kredit diaktifkan.

Baca Juga:  Pernyataan Menpora Dinilai Lukai Hak Anak terkait Merk Rokok

Caranya, masukkan kartu kredit, pilih ‘Aktivasi PIN’, masukkan enam digit ‘Kode Otentikasi’ yang diterima melalui SMS, tekan ‘Benar’. Jika valid, tekan ‘Lanjutkan’ dan masukkan enam digit PIN baru (dua kali). PIN Anda sudah aktif, Anda akan menerima SMS notifikasi.

“Kami mengimbau nasabah pemegang kartu kredit BCA di seluruh Tanah Air untuk melakukan aktivasi PIN kartu kredit segera karena transaksi kartu kredit yang menggunakan tanda tangan akan ditolak. Jadi, mumpung masih ada waktu, yuk aktivasi PIN kartu kreditmu dan mulai biasakan menggunakan PIN untuk bertransaksi kartu kredit dari sekarang, sebelum PIN mandatory diberlakukan,” tutup I Ketut. (Red)