Bapanas: Jawa Barat Masuk Kategori Wilayah Aman Pangan

Padi
Ilustrasi stok beras. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – Provinsi Jawa Barat masuk ke dalam kategori wilayah aman pangan. Ada 11 komoditas pangan yang terjaga ketersediaannya.

Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional (Bapanas) Sarwo Edhy mengatakan bahwa komoditas beras di wilayah Jawa Barat juga sempat mengalami kelangkaan dan harganya meningkat.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini Selasa 11 Oktober 2022

“Ada 11 komoditas terjaga ketersediaannya, mulai dari beras, jagung, kedelai, daging ayam, daging sapi dan kerbau, bawang merah, bawang putih, aneka cabai, gula konsumsi, minyak goreng, ikan dan garam konsumsi,” kata Sarwo dalam keterangannya, Minggu (18/2/2024).

Baca Juga:  PSSI Persilahkan Klub Potong Gaji, Bagaimana Nasib Persib Bandung?

“Kita berusaha menstabilkan, dan alhamdulillah ketersediaan beras ini sudah cukup (termasuk di Jabar) dan tetap kita memberikan bantuan di dalam enam bulan terakhir ini kepada keluarga penerima manfaat yang jumlahnya 22 juta KPM (se-Indonesia),” tambahnya.

Baca Juga:  Ini Ramalan Cuaca Purwakarta, Subang dan Karawang Hari Ini

Sementara itu, terkait kerawanan pangan pada kota dan kabupaten, Bapanas mengklaim pada 2023 ini terjadi penurunan dari tahun 2022 dan menyisakan 68 daerah yang masih mengalami rawan pangan.