Baznas Berhasil Mengumpulkan Zakat, Infak, Sedekah Hingga Dana Sosial Keagamaan Rp22,4 Triliun

Ilustrasi potensi zakat di Kota Bandung. (Foto: Hipwee).

JABARNEWS | BANDUNG  –  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berhasil mengumpulkan dana zakat, infak sedekah, (ZIS), dan dana sosial keagamaan lain alias DSKL secara nasional mencapai Rp22,4 triliun di 2022.

Ketua Baznas, Noor Achmad MA menuturkan, pengumpulan ZIS dan DSKL secara nasional mengalami peningkatan 58,03 persen di 2022 atau Rp638 miliar, total untuk 2022 mencapai Rp22,4 triliun.

Baca Juga:  Awal Pekan Rupiah Merosot Lagi, Ternyata Ini Penyebabnya

“Jumlah pengumpulan (ZIS dan DSKL) yang meningkat tersebut juga diiringi dengan peningkatan jumlah muzaki, baik muzaki individu maupun muzaki badan secara nasional,” kata Noor Achmad MA dilansir JABARNEWS dari laman resmi Kemenpan RB diunggah Selasa 28 Maret 2023.

Baca Juga:  TikTok Ajak Mahasiswa Lakukan Perubahan Platform Digital

Presiden Jokowi Imbau Bayar Zakat Lewat Baznas

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau seluruh umat Islam, khususnya kepada pejabat negara, BUMN, ASN, dan seluruh kepala daerah di Indonesia menunaikan kewajiban membayar zakat melalui Baznas.

Baca Juga:  Polisi Berhasil Ringkus Ratu Narkoba di Dolok Masihul

“Di bulan Ramadan yang suci ini kita diajarkan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Bukan hanya dengan berpuasa, tapi juga dengan memperbanyak amalan-amalan, berlomba-lomba berbuat kebaikan, termasuk berinfak, bersedekah, dan berzakat,” kata Jokowi.