Begini Cara Merawat Bonsai Beringin Sebagai Hiasan Rumah

JABARNEWS | BANDUNG – Kriteria rumah yang sehat dan indah adalah yang banyak ditumbuhi tanaman hias. Salah satunya adalah bonsai beringin yang saat ini sedang diminati.

Walaupun harganya memang cukup mahal bonsai beringin dapat memberi kepuasaan sendiri bagi yang punya. Seperti menambah nilai estetika, memperlancar sirkulasi udara, serta memberi kesan segar pada rumah. Namun, kalian jangan sembarangan merawatnya.

Baca Juga:  Soal Isu Pemakzulan Jokowi, Jusuf Kalla Beri Jawaban Tak Terduga

Oleh sebab itu berikut beberapa cara merawat bonsai beringin yakni:

Pertama. Memberikan Nutrisi yang Cukup – Bonsai memang tidak banyak membutuhkan nutrisi. Tetapi bukan berarti kamu membiarkannya begitu saja. Sirami dan berikan pupuk agar tumbuh kembangnya tetap terjaga. Tidak ada ketentuan merek tertentu, apapun bisa kamu gunakan.

Asal perhatikan terlebih dahulu takaran dan kandungan potasium, fosfor dan nitrogennya. Karena ketiga bahan tersebut harus ada. Untuk menghemat, bungkus pupuk di dalam kantong teh kemudian taruh di atas tanah tempat menanam bonsai.

Baca Juga:  Toko Di Kabupaten Bandung Tak Terapkan Protokol Kesehatan, Ini Sanksinya

Kedua. Lepas Kawat Secara Teratur – Disarankan untuk tidak melepas kawat hingga bonsai benar-benar terbentuk. Melepasnya pun tidak boleh sekaligus, harus dilakukan secara berkala. Jarak waktunya juga jangan terlalu dekat. Agar mendapatkan bentuk yang sempurna.

Baca Juga:  MUI Ajak Masyarakat Indonesia Galang Donasi untuk Bantu Korban Gempa di Turki dan Suriah

Ketiga. Pangkas Daun Bonsai – Jangan lupa untuk memangkas daun apabila terlalu lebat. Tapi tetap harus disesuaikan dengan versi miniaturnya. Potong menggunakan gunting khusus bonsai agar tidak ada kesalahan ketika pemangkasan. 

Sekedar catatan, karena bonsai merupakan tanaman hias yang bentuknya kecil. Maka diperlukan kehati-hatian mulai dari proses penanaman hingga perawatan. (Red)