Berlibur di Purwakarta, Berikut Lokasi Objek Wisata yang Cocok Untuk Didatangi

JABARNEWS | PURWAKARTA – Jalan-jalan gak harus jauh melanglang buana. Di Kabupaten Purwakarta, sebetulnya masih banyak tempat wisata yang bisa jadi belum terjamai.

Spot liburan ini seringkali luput dari pandangan karena terlalu asyik berburu spot wisata yang berada jauh dari daerah asal.

Di Kabupaten Purwakarta ada cukup banyak tempat yang bisa dimanfaatkan untuk menendapatkan pengalaman relaksasi yang menyegarkan kembali jiwa, raga, mental, dan pikiran.

Nah, yuk intip wisata mana aja nih yang tepat buat liburan di wilayah Purwakarta.

1. Jatiluhur Water World

Objek wisata ini lokasinya di area  Waduk Jatiluhur, tepatnya di Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur.

Wisata ini juga cocok banget untuk mengajak anak-anak, sebab tersedia wahana kolam anak, kolam ombak, kolam dewasa, hingga water slide setinggi 12 meter.

Harga tiketnya juga masih terjangkau kok, yakni Rp 30 ribu per orang di hari biasa, dan Rp 45 ribu per orang pada Sabtu dan Minggu atau libur, serta Rp 65 ribu per orang saat hari besar.

2. Green Valley Waterpark

Baca Juga:  Ejaan Etik, Estetik Politik Plato Dan Aristoteles

Objek wisata lainnya itu ialah Green Valley Waterpark. Lokasinya berada di pusat kota Purwakarta, tepatnya di Jalan Ipik Gandamana, Ciseureuh, Kecamatan Purwakarta.

Ini juga menjadi salah satu wisata favorit anak-anak. Di sana terdapat sejumlah wahana, seperti water slide, lazy river, kiddy pool, ember tumpah, bioskop 5 dimensi, planetarium, sepeda udara, hingga kora-kora.

Untuk harga tiket masuknya kisaran Rp 35 ribu per orang, sepeda udara Rp 10 ribu per orang, kora-kora Rp 10 ribu per orang.

3. Wisata Cikaopark

Objek wisata Cikaopark merupakan lokasi rekreasi sekaligus wisata edukasi nih gaes yang cocok untuk keluarga apalagi jika membawa putra-putri anda. Lokasinya juga enggak jauh kok, karena ada di Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta. 

Di Cikao Park, kalian bisa merasakan nuansa kearifan lokal dari berbagai wahana, seperti waterpark, taman satwa, hingga rumah ilusi. Tentu, spot favorit di Cikaopark ini yakni wisata airnya. 

Adapun tarif tiket masuk Cikaopark, per hari biasa Rp 10 ribu per orang, waterpark Rp 40 ribu per orang, taman satwa Rp 20 ribu per orang, dan rumah ilusi Rp 30 ribu per orang.

Baca Juga:  Unras di DPRD Jabar Sempat Memanas, Massa Aksi Teriakkan Revolusi

Untuk weekend, harga tiket masuk Rp 20 ribu per orang, water park Rp 50 ribu per orang, taman satwa Rp 30 ribu per orang, dan rumah ilusi Rp 40 ribu per orang.

4. Taman Batu Cijanun Purwakarta

Lokasi objek wisata lainnya, yakini Taman Batu Purwakarta. Wisata ini merupakan kolam renang alami lengkap dengan banyaknya bebatuan besar.

Lokasi wisata ini berada di antara persawahan, perbukitan, dan sungai yang ada di lereng Gunung Burangrang, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Wisata ini cocok banget kalau membawa serta keluarga. Wisata ini menawarkan pemandangan yang indah dan alami. Dijamin bakal ketagihan dan enggak mau pulang deh.

Di samping itu, kolam renangnya juga airnya tak mengandung bahan kimia, jadi sangat menyegarkan. Kolam renang kedalamannya pun beragam, ada yang semata kaki sampai ada yang 4 meter.

Tak hanya itu, ada juga air terjun buatan yang membuat liburan kalian semakin seru loh. Untuk harga tiket di Taman Batu Purwakarta adalah Rp 20.000 per orang. Penginapan berkisar mulai dari Rp 300.000-Rp 500.000.

Baca Juga:  Bungkus Sabu Di Dalam Wafer, 2 Pemuda Lebaran Di Penjara

5. Curug Cimata Indung

Lokasi Objek wisata ini memang jauh dari pusat kota Purwakarta. Lokasi Curug Cimata Indung berda di kampung Cisaat, Desa Sukasari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Hal yang bikin menarik dari Curug Cimata Indung adalah bentuk nya yang berbeda dari curug pada umumnya yang mana air nya mirip seperti pancuran, jadi ngucur like shower-an lah kalau berenang di curug ini.

Selain itu, alamnya yang masih sangat asri dan belum banyak pengunjung. So, pas basah-basahan disini ga bakal khawatir ‘duk-dek’ atau bersenggolan dengan pengunjung lain.


Ditambah lagi airnya yang sangat jernih, serta pantulan sinar matahari yang menimbulkan efek warna air ini jadi biru-kehijauan. Dijamin, bikin enjoy surenjoy pisanlah!

Untuk soal biaya, di lokasi ini cuma mematok tarif untuk biaya kebersihan aja, gak mahal pokoknya. (Gin)