Bisnis Kopi Berkembang Pesat, Begini Tips Pengusaha Java Preanger

JABARNEWS | BANDUNG – Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang saat ini sangat diminati oleh berbagai lapisan masyarakat di seluruh dunia. Bahkan, kini kopi menjadi tren bisnis yang bisa dikatakan elit.

Banyak cara penyajian dalam menyuguhkan minuman ini seperti manual brewing dan Espresso Based, pastinya setiap cara pembuatan kopi akan mempengaruhi cita rasa dari minuman kopi itu sendiri.

Namun, yang tidak kalah penting adalah proses pembuatan biji kopi. Seperti yang diungkapkan pengusaha sekaligus pengusaha kopi asal Bandung Timur, Yana Alx (50) yang mengatakan bahwa ada beberapa jenis varian kopi Arabika yang sangat digemari oleh para penikmat kopi diantaranya varietas typica, takengon, dan catimor.

Baca Juga:  Persib Bersiap Hadapi Padatnya Jadwal Lanjutan Liga 1 2020

“Kopi jenis Arabika, varietasnya ada typica, takengon, dan catimor masih banyak jenis lainnya. Hampir semua jenis varian Arabika itu disenangi, yang paling unggul typica dalam segi kadar sendiri lebih ke atas, tapi bukan berarti yang jenis lainnya jelek. Arabika sudah kategori kopi bagus,” kata Yana kepada jabarnews.com di Bandung, Jumat (7/8/2020).

Dia menjelaskan, di wilayah Java Preanger dari selatan hingga utara Bandung Raya biasaya petani kopi memprosesnya secara tradisional, pastinya memiliki cita rasa yang khas. Dalam satu musim, lanjut Yana, para petani bisa memanen kopi sebanyak dua ton dari tanah seluas satu hektar, kemudian diolah dan diproduksi sampai jadi gabah.

Baca Juga:  Miris, Petugas Damkar Kota Bekasi Beli APD Pake Uang Sendiri

Saat ini, kata Yana, penjualan kopi masih dalam ruang lingkup regional Jawa Barat dan dia berharap kedepannya bisa mengekspor ke luar negeri.

“Penjualan masih wilayah domestik saja, belum mencapai ekspor, mungkin ke depan bisa. Harus ada kerjasama juga. Pendapatan relatif tergantung bagaimana pemasarannya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Yana menyebut bahwa usaha kopi tengah berkembang pesat, hal tersebut diketahui dengan banyaknya cafe yang buka. Namun, Dia memberikan tips sebelum memulai usaha kopi, seyogyanya harus membekali wawasan tentang dunia kopi, jangan sampai mengikuti arus booming tanpa mengetahui ilmunya.

Baca Juga:  Terpapar Covid-19, Wali Kota Banjarbaru Meninggal Dunia

“Kita mau terjun tidak ke usaha itu apapun bentuknya kita usaha mau di kopi yang penting cara kita memenejnya bagus dari mulai pemasaran dan sebagainya. Apalagi sekarang kopi lagi booming, Sebelum kita melakukan usaha kopi harus tahu dulu ilmunya mentang-mentang rame langsung saja buka usaha kopi,” tutupnya. (RNU)